Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

6 Nutrisi Sehat yang Bisa Jadi Antibiotik Alami


Penggunaan antibiotik secara berlebihan telah menjadi epidemi modern. Antibiotik bisa menghabiskan kekebalan alami dengan membunuh bakteri baik dalam usus dan juga menciptakan super-bug yang resisten terhadap hampir semua bentuk obat yang diresepkan. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh, Anda bisa mengonsumsi nutrisi sehat yang jadi antibiotik alami. Berikut 6 nutrisi sehat yang bisa bertindak sebagai antibiotik alami, seperti dikutip dari Dailyhealthpost:

1. Bawang merah
Bawang merah bersifat antibakteri dan antiseptik. Bawang merah memiliki komponen penyembuh yang bisa menyedot penyakit keluar dari tubuh. Anda bahkan dapat menggunakan bawang untuk melindungi terhadap bakteri yang tidak diinginkan. Ketika dicampur dengan air jeruk nipis dan beberapa bahan alami lainnya, bawang merah bahkan bisa memberantas Escherichia coli yang kerapkali resisten terhadap antibiotik.

2. Madu
Meskipun madu selalu digunakan untuk melawan infeksi, para ilmuwan baru-baru ini mengidentifikasi satu bahan rahasia dalam madu yang bisa membuatnya jadi antibiotik alami karena membunuh bakteri yang tidak diinginkan. Ini adalah protein yang disebut defensin-1, yang ditambahkan lebah ketika mereka membuatnya. Bahan ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit.

3. Kubis
Salah satu sayuran, kubis memiliki sifat anti-mikroba yang dapat membunuh semua jenis penyakit secara alami. Sifat antibiotik kubis juga dapat meningkat setelah difermentasi.

4. Sayuran yang difermentasi
Memberi makan usus Anda dengan mikroba yang baik, yang dapat ditemukan di hampir semua sayuran fermentasi, dapat menjaga sistem kekebalan tubuh pada tahap optimal. Jika Anda belum pernah mendengar, kesehatan usus menyumbang sekitar 80% dari keseluruhan kekebalan terhadap penyakit, sehingga menempatkan bakteri baik sangatlah penting.

5. Kayu manis
Kadang-kadang disebut antibiotik alami 'mematikan', kayu manis telah digunakan sebagai obat sejak lama. Ceylon kayu manis bahkan dapat menghentikan E. Coli, bakteri keras kepala yang menyebabkan banyak penyakit.

Para ahli di Kansas City State University menemukan bahwa kayu manis tidak hanya bertindak sebagai antibiotik alami, tapi juga banyak mengandung antioksidan yang membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam berbagai cara.

6. Astragalus
Astragalus (Astragalus membranaceus) termasuk dalam keluarga Fabaceae, dari subfamili Faboideae. Genus ini berasal dari daerah beriklim dari belahan bumi utara. Ciri khas Astragalus adalah dengan tingginya yang mencapai kira-kira 15-50 cm. Tanaman ini memiliki batang bercabang dengan daun berbentuk oval. Tanaman ini, terutama akarnya, sering dipakai dalam pengobatan Tiongkok. Orang Tiongkok mempercayai astragalus lebih mujarab ketimbang gingseng.

Astragalus telah digunakan selama ribuan tahun dalam praktik pengobatan China untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan stres fisik, mental, dan emosional. Penelitian telah menunjukkan bahwa astragalus bisa sangat efektif untuk mengobati pilek, melindungi hati, dan menolak virus dari tubuh.