Ada banyak cara untuk mendapatkan kamar premium dengan mudah
dan tanpa biaya ekstra. Seringkali dengan beberapa trik, kepintaran emosional,
dan keberuntunganmu. Inilah beberapa saran untuk para wisatawan yang mengincar
upgrade hotel.
Memesan di low-season
Pintar dengan memilih tanggal, waktu, dan kamar akan
meningkatkan kesempatan Anda untuk mendapatkan upgrade, tanpa harus melakukan
apa-apa. Pilihlah pemesanan kamar di musim sepi kunjungan ketika mayoritas
kamar akan kosong. Perlu diingat, hotel seringkali penuh di saat akhir pekan,
apalagi ketika ada acara besar dan konser.
Waktu ideal untuk sampai di hotel adalah sekitar jam tiga
dan lima sore, ketika resepsionis mengetahui kamar-kamar yang akan kosong untuk
malam itu. Sehingga Anda akan memiliki kemungkinan besar untuk dipindahkan ke
kamar yang lebih superior.
Gunakan sopan santun Anda
Sopan santun dan senyuman Anda akan membuat Anda beruntung
juga meninggikan kesempatan Anda untuk mendapatkan bantuan dari orang lain.
Sapalah orang-orang hotel ketika Anda sampai dan gunakan pesona Anda. Buat diri
Anda berbeda dari tamu-tamu lain. Resepsionis hotel berurusan dengan wisatawan dan tamu-tamu
setiap hari. Sehingga menjadi orang yang bisa membuat mereka senang dan bangga
akan memenangkan Anda poin-poin yang bagus.
Bergabungah dengan program loyalitas
Mungkin sopan santun tidak akan terus bekerja, jadi
terkadang semua turun ke status Anda sebagai pelanggan. Kebanyakan hotel akan
memberikan kelebihan kepada pelanggan setia. Jadi dengan bergabung dengan
program loyalitas dan berlangganan newsletter hotel dapat membuat Anda
mendapatkan upgrade kamar.
Utarakan acara spesial Anda
Pelan-pelan katakan acara spesial Anda seperti ulang tahun,
pernikahan, atau bulan madu ke dalam percakapan. Jangan secara langsung, dengan
begini tim hotel akan merasa bahwa Anda benar-benar seorang tamu yang perlu
mereka bantu dan mereka akan lebih mau untuk menambahkan sesuatu untuk membuat
Anda senang.
Lebih loyal dengan sering-sering menginap dan mengulas
hotel.
Terkadang semua jatuh dengan siapa diri Anda. Ketika Anda
sering menginap di suatu hotel maka Anda akan lebih kenal dengan resepsionis
hotel. Data diri Anda juga akan ada di sistem, sehingga mereka tahu kapan
terakhir kalinya Anda menginap. Untuk lebih memastikan lagi, kenalanlah dengan satu atau dua
resepsionis hotel, atau lebih baik lagi dengan manajer hotel. Degan begini Anda
pasti diingat.