Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Ini Dia Tips Mendapatkan Foto Pemandangan Terbaik Saat Berwisata


Dalam dunia wisata, foto memiliki peranan yang sangat besar untuk menjaring wisatawan. Foto-foto pemandangan seolah menggambarkan keindahan yang tiada tara tentang tempat tersebut. Mulai dari keindahan pantai, gunung, jernihnya air laut, indahnya matahari terbenam, dan sebagainya. Tak jarang hanya melihat suatu tempat lewat foto pun, Anda bisa langsung membulatkan tekad untuk pergi ke sana.

Ketika tiba di tempat yang sama dengan yang ada di foto, pernahkah Anda merasa kecewa karena pemandangan yang Anda dapatkan sungguh berbeda? Apakah karena alat yang digunakan berbeda, atau kemampuannya yang berbeda? Alhasil Anda pun kecewa dan merasa tertipu dan berkata bahwa fotonya ternyata tak seindah aslinya.

Travel photo blogger, Barry Kusuma, mengatakan hal ini disebabkan oleh perbedaan musim kunjungan. Fotografer yang mengabadikan indahnya suatu tempat biasanya mengambil gambar saat musim-musim terbaik. "Fotografer bisa motret hasilnya bagus karena datang rata-rata bulan Juni, Juli, Agustus, September," kata Barry beberapa waktu lalu.

"Jadi, datanglah pas saat cuacanya yang pas, yang bagus. Jadi dapat fotonya juga bagus," ujar Barry menyarankan. Selain itu, Barry juga menyarankan untuk selalu bangun pagi ketika liburan. Pasalnya, pagi hari adalah salah satu waktu terbaik untuk mengambil foto pemandangan karena mataharinya belum tertalu terik dan terlalu tinggi.

"Yang biasa aku lakuin untuk menikmati travelling tuh bangun pagi biar dapet foto bagus sambil ngopi dan menikmati pemandangan, ya kan. Dan itu, priceless lah," ujar Barry. Menurutnya, selama ini pun orang sering salah kaprah menyikapi foto-foto hasil karya fotografer yang bagus merupakan sebuah tipuan, padahal waktu dan musim pengambilan gambar menentukan hasil foto. "Salah kaprahnya orang mereka bilang, “Gue enggak dapet begini bagusnya.” Iya Anda datangnya kapan? Aku tuh biasanya cari-cari waktu terbaik. Momen, waktu pagi hari, bulannya pas, ya beda kan hasilnya. Seperti itu," papar Barry.

Untuk memaksimalkan hasil foto pemandangan agar terlihat lebih menakjubkan, Barry menyarankan penggunaan lensa wide untuk mendapatkan cakupan yang lebih lebar. "Coba deh beli lensa wide. Jadi, lensa wide itu bisa bikin semuanya jadi dramatis, iya kan. Lebih dapat semuanya. Beda dengan lensa kit yang terbatas banget, iya kan. Teknik fotografi sebenernya enggak menipu," ungkap Barry.