Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Penyebab Berat Badan Tidak Kunjung Turun


Banyak orang rajin datang ke pusat kebugaran untuk berbagai alasan, salah satunya adalah ingin menurunkan berat badan. Namun, kadang kala kita berada di situasi di mana usaha kita tidak menghasilkan perubahan. Hal itu bisa terjadi karena beberapa faktor, dan kita bisa frustasi sendiri memikirkan apa penyebab utamanya. Ambillah waktu untuk menganalisa rutinitas latihan Anda. Ini adalah lima alasan yang mungkin jadi penyebab Anda tidak bisa menembus tujuan penurunan berat badan Anda.

1. Melakukan hal yang sama setiap berolahraga
Jika Anda melakukan hal yang selalu sama setiap berolahraga, kesempatan Anda melihat perubahan akan semakin kecil. Saat Anda mengulang latihan yang sama, tubuh Anda menjadi terbiasa dengan proses dan ritme yang telah dijalani karena tubuh  tidak lagi mendapat tantangan. Ganti rutinitas olahraga Anda untuk melatih otot dengan cara yang baru dan berbeda supaya berat Anda bisa turun.

2. Ritme olahraga terlalu ringan
Jika Anda merasa biasa-biasa saja setelah berolahraga, Anda akan sulit melihat perubahan. Benar bahwa berjalan di atas treadmill selama 20 menit bagus untuk jantung Anda. Tapi jika Anda ingin melihat perubahan, Anda harus mulai menambah tantangan, seperti menggunakan beban lebih berat, inline lebih tinggi atau repitisi gerakan lebih banyak. Mengubah intensitas rutinitas olahraga akan lebih memastikan bahwa Anda telah memaksimalkan sesi olahraga.

3. Tidak banyak bergerak sepanjang hari
Walaupun Anda menjalani latihan rutin yang padat, Anda harus menambah sedikit aktivitas untuk memenuhi target. Banyak orang melakukan sesi olahraga selama satu jam dan kemudian hanya duduk di kursi hampir sepanjang hari. Anda harus membuat sirkulasi darah Anda tetap aktif supaya bisa mendapat hasil yang Anda impikan. Pastikan Anda lebih memilih menggunakan tangga dari pada lift atau eskalator, memarkir mobil Anda agak jauh sehingga Anda memiliki kesempat berjalan atau melakukan stretching saat duduk terlalu lama. Hal kecil seperti itu bisa membantu Anda mendapatkan hasil ideal yang Anda inginkan.

4. Membiarkan makan terlalu banyak
Setelah melakukan latihan yang berat, mengonsumsi berkarbohidrat tinggi akan sangat menggoda. Anda pasti merasa layak mendapatkannya, jadi pastikan untuk menahan godaan itu. Hanya karena Anda berlatih lebih, bukan berarti Anda harus makan berlebihan juga. Jika berat badan ingin turun, perhatikan pola makan Anda sehari-hari. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh rileks sedikit. Miliki jadwal "cheating" untuk makan makanan favorit Anda sekali-sekali untuk memberi Anda sedikit hiburan dan motivasi baru.

5. Tidak beristirahat cukup
Walau rutinitas latihan Anda bagus, tubuh Anda juga tetap membutuhkan istirahat. Berolahraga terlalu keras bisa membuat tubuh Anda lelah dan justru bisa menimbulkan cedera bila terus dipaksa. Jika otot Anda mencapai puncaknya bekerja dan Anda tidak beristirahat, justru sulit untuk membakar lemak secara normal. Jadi pastikan Anda juga menjaga keseimbangan.


beritasatu.com