Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Cegah Penelantaran Anak, Ini Cara Menteri Khofifah


Munculnya kasus penelantaran anak di Bekasi, disebabkan oleh minimnya persiapan calon orang tua membentuk rumah tangga yang ideal. Sebab itu, Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa menyarankan agar para pasangan yang hendak menikah, mengikuti pelatihan pranikah.

"Perkuat pelatihan pranikah agar tahu tanggungjawabnya," jelas Khofifah di Jalan Karya Bhakti, Cibubur, Jakarta Timur. Dalam pelatihan pranikah, para calon pasangan suami istri dapat memprogramkan rencana ingin memiliki berapa anak. Selain itu, para calon ayah dan calon ibu, bisa belajar tentang manajemen keluarga dan tanggungjawab kepada anak maupun istri.

"Ya kan bisa belajar manajemen keluarga, dan yang lain," imbuhnya. Adapun Kementerian serta lembaga pemerintah, kata Khofifah, ada yang memfasilitasi pelatihan pranikah tersebut. Sejumlah Kementerian misalnya, telah memiliki program itu bagi para muda-mudi yang ingin menikah.

"BKKNBN punya, Kemenag dan Kemendikbud juga punya," sambungnya. Khofifah mengimbau, sebagai calon orang tua, tentu para remaja harus dipersiapkan agar tidak terjadi kasus serupa. Ia mengapresiasi Gereja yang memiliki program tersebut bagi para jemaatnya. "Yang saya tahu ada sebuah Gereja dan mereka intensif (pelatihan pranikah)," pungkasnya.


news.okezone.com