Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

7 Tips Wawancara Kerja Tanpa Bingung


Bingung karena tidak mengetahui jawaban saat menjalani wawancara kerja adalah hal wajar. Apalagi jika kamu fresh graduate dan baru pertama kali mengikuti wawancara kerja. Namun kamu tidak perlu bingung menjalani sesi wawancara kerja jika mengikuti tips berikut ini.

1. Tenang
Hal pertama dan terpenting yang harus dilakukan adalah tenang. Jika kamu panik karena tidak tahu jawaban atas pertanyaan yang diajukan pewawancara, maka tubuhmu juga akan bereaksi seperti berkeringat dan jantung berdebar kencang. Jadi, cobalah ambil nafas dan katakan pada dirimu sendiri bahwa semua akan baik-baik saja sambil memikirkan jawabannya.

2. Jangan katakan, 'Saya tidak tahu'
Pikirkan baik-baik sebelum memberi jawaban, "Saya tidak tahu," kepada pewawancara. Sebaliknya, jangan membuat-buat jawaban karena pewawancara akan mengetahui jika kamu berbohong. Demikian seperti dikutip dari Levo.

3. Ajukan pertanyaan
Jika kamu tidak mengerti apa pertanyaan yang diberikan oleh HRD, kamu bisa meminta mereka memperjelasnya. Dalami pertanyaan tersebut untuk membantumu memberikan jawaban paling tepat.

4. Ceritakan pada HRD tentang yang kamu ketahui
Ceritakan pengetahuanmu tentang pertanyaan yang diajukan pewawancara. Dengan begitu, sesi wawancaramu akan berjalan lancar.

5. Katakan pada HRD bagaimana caramu menemukan jawaban
HRD ingin melihat inisiatif dan caramu menemukan solusi dalam menghadapi suatu masalah. Ketika kamu berusaha untuk menemukan jawaban, kamu bisa mengaku pada HRD bahwa kamu belum mendapatkan jawaban pada bagian-bagian tertentu. Kejujuran akan membuatmu lebih disukai.

6. Tahu waktu yang tepat
Bila setelah beberapa tips tadi kamu memang benar-benar tidak tahu jawaban dari pertanyaan wawancara yang diajukan, kamu boleh mengaku. Tetapi, sampaikan pengakuanmu dengan elegan. Misalnya dengan berkata, "Itu bertanyaan yang bagus. Tapi saya minta maaf karena belum memiliki jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut. Saya pastikan, saya akan mencari tahu tentang jawaban tersebut usai wawancara ini."

7. E-mail lanjutan
Setelah wawancara, kamu bisa mengirim e-mail lanjutan kepada pewawancara. Bisa jadi, ini adalah kesempatanmu menjelaskan jawaban atas pertanyaan yang membuat bingung. Satu saran kecil; ketimbang menjelaskan bahwa kamu tidak tahu jawaban atas satu pertanyaan, coba katakan, "Setelah menghabiskan lebih banyak waktu berpikir, saya bisa memberikan beberapa jawaban untuk pertanyaan tersebut." Semoga berhasil!


news.okezone.com