Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Ini Dia Tips untuk Menyelamatkan Paspor Anda dari Pencopet


Lebih dari 20 ribu paspor Inggris telah hilang atau dicuri pada tahun lalu. Sekarang, Kementerian Luar Negeri Inggris meluncurkan sebuah inisiatif untuk melawan para pencopet. Para pencuri menggunakan bermacam-macam teknik untuk menangkap wisatawan yang lengah dan mengambil isi kantong mereka. Cara yang dipakai di antaranya memeluk atau pura-pura bertanya arah jalan kepada turis untuk mengalihkan perhatian mereka.

Kampanye Know Before You Go pun diluncurkan. Tujuannya mendidik orang-orang agar terhindar sebagai korban kejahatan. Untuk membantu skema pencopetan itu, sebuah video diluncurkan untuk membantu turis tetap aman di perjalanan mereka.

Pejabat Kementerian Luar Negeri, James Duddridge, mengatakan, “Liburan adalah waktu yang tepat untuk bersenang-senang dengan teman dan keluarga. Tapi jika Anda berakhir menjadi korban pencurian atau kehilangan paspor, maka perjalanan Anda bisa berantakan.”

Penjahat beroperasi di seluruh dunia. Oleh sebab itu, wisatawan harus tetap cerdas, dan menjaga paspor mereka. Jika paspor hilang, risikonya adalah kehilangan waktu liburan yang berharga dan uang untuk mengurus dokumen perjalanan.

Paspor penting untuk kelancaran dan keamanan seseorang ketika bepergian. Waktu liburan yang berharga juga uang akan hilang jika paspor hilang atau dicuri. Korban butuh waktu melaporkan pencurian ke polisi, dan menghabiskan waktu di konsulat atau kedutaaan lokal yang menerbitkan dokumen perjalanan darurat.

Sadar dengan lingkungan Anda, dan waspada terhadap orang asing adalah salah satu tips dari kantor kementerian luar negeri, untuk menjaga paspor mereka aman. Saran lainnya, mengunci paspor di tempat yang aman. Jika tetap ingin membawa paspor, pastikan paspor tidak terlihat.

Mereka juga menyarankan agar wisatawan membuat dua fotokopi paspor. Salah satunya ditinggalkan dengan teman atau keluarga, dan satunya lagi Anda pegang sendiri. Mereka juga menyarankan, ada waktu-waktu, misalnya ketika hiburan di malam hari, di mana Anda bisa memakai fotokopi paspor sebagai alternatif identitas diri.

Para wisatawan juga harus menyadari, beberapa negara hanya akan mengizinkan Anda menggunakan paspor yang berlaku untuk enam bulan setelah tanggal Anda bepergian. Jadi, Anda harus memeriksa persyaratan masuk sebuah negara sebelum pergi.


cnnindonesia.com