Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Anti Bosan! Tips Liburan ke Museum


Museum sering diidentikkan dengan suasana yang menjemukan dan bosan. Dengan mengetahui tips dan triknya, liburan ke museum akan jadi hal yang menyenangkan. Jangan asal masuk ke museum dan cepat bosan setelah di dalamnya. Karena, dengan persiapan yang matang, Anda bisa menikmati museum lebih dalam dan seru. Dari rilis yang diterima detikTravel, berikut 5 tips liburan ke museum dari TripAdvisor:

1. Ketahui keuntungan dari tiket museum
Ada yang murah ada yang mahal. Namun, jangan langsung malas saat melihat ada tiket masuk museum yang mahal. Karena biasanya, tiket ini tak hanya untuk masuk, tapi juga memiliki beberapa keuntungan lain.

Beberapa museum mencantumkan keuntungan di dalam tiketnya. Biasanya semua tertera di bagian belakang tiket. Jangan langsung buang ya, baca dahulu dan dapatkan banyak keuntungan lain. Mulai dari dapat masuk ke museum lain, sampai potongan harga di tempat-tempat tertentu.

2. Cek jam operasional
Biasanya, jam operasional museum sudah bisa ditebak. Sekitar dari pukul 10.00 sampai pukul 15.00. Di tempat lain, bisa lebih pagi atau malam lagi. Namun, tetap saja Anda harus mengecek jadwal jam operasional dari museum yang ingin dikunjungi. Karena bisa jadi di hari tersebut sedang libur, atau malah buka sampai larut malam karena ada acara tertentu.

Baca Juga: Ketahui Tips Ini Sebelum Kamu 'Backpacking' Pindah Negara

3. Langganan newsletter
Jika Anda begitu jatuh cinta dengan sebuah museum, sekalian saja langganan newsletter. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan di sana. Jika ada yang seru, Anda bisa jadi orang pertama yang tahu dan datang ke sana. Asyik kan!

4. Ekstra kreatif jika datang dengan anak-anak
Tak bisa dipungkiri, liburan ke museum bersama anak-anak merupakan tantangan tersendiri. Mereka bisa begitu semangat jika museumnya menyajikan benda display yang seru. Tapi, mereka juga bisa malas-malasan karena merasa kunjungan tersebut membosankan.

Banyak cara yang bisa dilakukan. Mulai dari mencari harta karun (yang tentunya hadiah harus Anda siapkan sendiri) sampai permainan menghitung jumlah benda tertentu. Seperti contoh, ajak anak-anak menghitung jumlah kupu-kupu di Museum Serangga.

5. Gunakan sepatu yang nyaman
Kaki jadi andalan utama untuk menjelajahi sebuah museum. Karena itu, memilih alas kaki yang tepat pun jadi suatu hal yang penting. Jangan asal pakai sandal jika ingin menikmati museum dengan maksimal. Karena jika alas kaki tidak nyaman, sudah pasti Anda akan menyerah sebelum selesai berkeliling. Sayang kan, jadi tak bisa menikmati semua koleksi yang keren di dalam museum.


travel.detik.com