Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

5 Tips Mengurangi Asupan Gula


Gula tidak baik untuk kesehatan. Itu lah mengapa Anda harus benar-benar membatasi asupan gula Anda setiap harinya. Bahkan, Heart Association Amerika mengatakan bahwa wanita perlu membatasi gula sekitar 4 sendok teh per hari.

Terlalu banyak makan gula menyebabkan resistensi insulin dan membuat berat badan naik drastis. Sulit memang untuk menguranginya, dibutuhkan banyak usaha yang ekstra. Dan berikut beberapa cara untuk mengurangi konsumsi gula.

1. Baca semua label makanan saat akan membelinya
Sebelum membeli makanan apapun itu pastikan membaca komposisi di dalamnya. Lihat berapa banyak kandungan gulanya. Dengan begini, Anda memiliki pegangan untuk memotong asupan gula dengan mudah.

2. Banyak minum air putih
Air adalah pilihan terbaik saat tubuh dehidrasi. Tapi, ingat hindari meminum softdrink, minuman berenergi bahkan jus karena mereka sarat akan gula. Untuk itu, biasakan diri Anda lebih memilih minum air putih daripada yang lainnya.

Baca Juga: Anti Bosan! Tips Liburan ke Museum

3. Jangan khawatir dengan kadar gula pada buah
Gula dalam buah alami memiliki tempat dalam diet sehat. Bahkan buah malah direkomendasikan untuk dikonsumsi teratur karena kaya serat, vitamin A dan C serta kalium. Jadi, jangan pernah menghindari buah untuk mengurangi asupan gula.

4. Jaga diri dari perasaan ngidam
Saat menghadiri acara atau pesta pastikan untuk menjaga diri Anda dari perasaan ngidam. Karena banyaknya makanan, tapi tidak dianjurkan Anda mencoba semua makanan tersebut yang mungkin saja memiliki banyak kandungan gula.

5. Cari alternatif
Saat ini sudah banyak produsen makanan katering memberikan informasi bahwa makanan tersebut tanpa gula. Sehingga Anda tidak mengalami kesulitan untuk mengurangi asupan gula Anda. Di lain itu, Anda juga bisa mencoba alternatif lain dengan mengganti gula menjadi madu.


rona.metrotvnews.com