Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Tips untuk Karyawan Baru Agar Menonjol di Tempat Kerja


Saat masuk ke kantor baru, Anda pada awalnya mungkin merasa canggung atau bingung. Namun sebaiknya Anda segera membiasakan diri dan cepat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Bagi Anda yang baru saja pindah ke kantor baru, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar tampak menonjol di pekerjaan baru tersebut.

1. Pahami budayanya
Pertama, ambil waktu untuk mengenali budaya di perusahaan baru tempat Anda bekerja itu. Cara terbaik, Anda bisa melihatnya dalam meeting atau rapat yang diadakan mingguan. Kenali cara mereka bekerja, berinteraksi, dan berkomunikasi.

Jangan malu bertanya kepada rekan kerja yang baru Anda. Tanyakan seputar cara menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan, seberapa mudah atasan menerima ide baru baru, dan sebagainya. Ini akan memberikan Anda pengetahuan mengenai akankan Anda mudah atau sulit beradaptasi dengan budaya kantor tersebut.

2. Identifikasi para pemangku kepentingan
Selanjutnya, cari tahu siapa saja pemangku kepentingan yang berkaitan dengan jabatan Anda, misalnya bos atau atasan, baik manajer, supervisor, maupun direktur. Mulailah untuk menjalin komunikasi dengan mereka dan pahami apa yang mereka harapkan dari Anda sebagai seorang pekerja.

3. Carilah teman
Begitu Anda masuk ke sebuah lingkungan baru, carilah seorang teman yang bisa membantu Anda beradaptasi di lingkungan baru. Sebaiknya orang ini berada di divisi atau posisi yang sama dengan Anda, sehingga dia bisa memberikan Anda informasi seputar pekerjaan.

Tak ada salahnya juga untuk mencari informasi seputar politik di kantor. Lebih baik Anda mengetahuinya dari awal, sebelum terjebak di kemudian hari. Selain itu, teman baru bisa memudahkan Anda dalam mengenali berbagai kebiasaan di kantor, misalnya jam istirahat, bagaimana cara mendapatkan alat-alat kantor, letak pantry, dan lain sebagainya.

4. Tunjukkan komitmen
Dari sejak hari pertama, Anda harus bisa menunjukkan komitmen Anda dalam bekerja. Datang tepat waktu merupakan salah satu caranya. Selain itu, Anda juga harus siap setiap kali diberikan tugas dan kerjakan dengan semaksimal mungkin.

Saat ada waktu yang tepat, bicarakan pada bos bahwa Anda memiliki keinginan untuk mengembangkan diri dan karir dalam perusahaan tersebut. Siapa tahu, bos Anda bisa memberi kesempatan tersebut.


lifestyle.bisnis.com