Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Binatang yang Pandai Menghitung


Meskipun beberapa jenis binatang mungkin tidak perlu menghabiskan waktu untuk mandi keringat mengerjakan soal-soal yang berkenaan dengan hitung menghitung di sekolah, mereka ternyata dapat melakukan beberapa hitungan dengan sangat mengesankan. Salah satu binatang yang dimaksud adalah simpanse. Saking hebatnya binatang itu, ada yang menanyakan, apakah anda bisa lebih hebat dari simpanse dalam menghitung?

Soalnya, beberapa peneliti percaya simpanse lebih baik dalam menghitung angka yang lebih kecil dibandingkan manusia. Wartawan BBC News Jason G Goldman memberikan pengakuannya sendiri dalam sebuah tulisannya beberapa waktu lalu. Dikatakannya, bicara soal angka-angka mungkin menyenangkan. Tetapi semua pasti tahu bahwa matematika itu sulit.

“Aku berjuang melalui kelas matematika ketika masih di sekolah. Rasanya menyakitkan menghabiskan waktu mempelajari aljabar, geometri, kemudian trigonometri dan kalkulus.

“Anehnya, meskipun aku merasa mendapatkan banyak penghinaan dalam mempelajarai matematika, namun aku masih berkesimpulan hanya manusia yang dapat mengerjakan soal-soal itu,” lanjutnya.

Itulah sayangnya, menurut dia, ternyata matematika bisa jadi makanan empuk di kerajaan hewan. Ambil contoh ayam domestik. Jika seekor anak ayam berdiri di depan dua layar buram kecil dan satu bola menghilang di balik layar pertama, lalu diikuti oleh empat bola menghilang di balik layar kedua, dia akan berjalan menuju layar yang menyembunyikan empat bola.

Mengapa bisa demikian? Karena dia pikir, empat bola lebih baik dari satu bola. Tetapi apakah dengan demikian bisa dikatakan dia bisa menghitung? Coba lihat lagi soal berikutnya. Jika satu bola menghilang di balik layar pertama dan empat bola menghilang di balik layar kedua, sama seperti sebelumnya.

Tetapi ketika kemudian dua dari empat bola di belakang layar kedua yang tampak pindah ke layar pertama, ayam ini sekarang dihadapkan dengan dua tugas. Yaitu harus menambahkan 2 dan1. Berarti dia tahu bahwa sekarang ada tiga bola di belakang layar pertama.

Apa yang dia lakukan? Dia tidak mendekat ke layar kedua, tetapi justru ke layar pertama yang menyimpan tiga bola. Salah satu binatang lain adalah simpanse. Dalam satu percobaan, peneliti menempatkan simpanse di depan dua set mangkuk yang berisi potongan cokelat.

Setiap set memiliki dua mangkuk. Dia harus memilih kelompok yang memiliki jumlah gabungan terbesar potongan cokelat dan buah-buahan. Dengan kata lain, dia harus menambahkan jumlah coklat dan buah dalam mangkuk masing-masing.

Ternyata simpanse bisa memilih dengan tepat, mana yang harus dia pilih. Dia memilih mangkuk yang menyimpan lebih banyak coklat dan buah. Beberapa penelitian yang berkaitan dengan ini menunjukkan bahwa beberapa spesies tertentu, termasuk gorila, monyet, tupai, lumba-lumba, gajah, burung dan ikan ternyata memiliki kemampuan menghitung.

Baru-baru ini, peneliti dari Universitas Oakland di Michigan memasukkan beruang hitam ke dalam daftar binatang yang terampil dalam menghitung. Selain itu, ketika seekor semut gurun meninggalkan sarangnya untuk mencari makan, ia memiliki tugas penting: Menemukan jalan untuk kembali ke sarangnya.

Hampir di seluruh dunia, semut dapat menggunakan salah satu dari dua trik untuk menemukan jalan pulang. Yaitu apa yang disebut landmark visual dan jejak aroma. Berbekal matematika know-how -nya , semut gurun mampu menyusuri kembali jalan pulangnya menggunakan dua cara di atas.

Ini berarti, menurut para peneliti navigasi semut Martin Muller dan Rudiger Wehner, semut gurun mampu terus menghitung lokasi yang sekarang dari lintasan masa lalu. Bagaimana ini bekerja? Semut gurun ini menghitung jarak berjalan dengan cara menghitung langkahnya.

Semut menghitung arah mereka berjalan dengan menghitung sudut yang didapat dari posisi matahari. Dan semut terus-menerus memperbarui perhitungan mereka untuk mengoreksi pawai matahari di langit.