Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

7 Hal Sederhana Ini Bisa Tingkatkan Kesuburan Sperma Lho


Sebagai salah satu komponen yang sangat penting bagi Anda dan pasangan yang ingin segera memiliki anak, kesuburan sperma harus selalu dijaga. Tak perlu dengan cara yang sulit, kesuburan sperma dapat ditingkatkan dengan hal-hal yang sederhana. Berikut 7 langkah mudah untuk menjaga kesuburan sperma tetap terjaga, seperti dilansir Your Tango, Senin (11/11/2013):

1. Perbanyak Asupan Wortel
Jika Anda selama ini menyangka konsumsi wortel hanya untuk menjaga kesehatan mata, Anda perlu tahu bahwa sayur ini juga memberikan manfaat bagi kesuburan sperma. Wortel kaya akan beta-karoten yang mampu meningkatkan kemampuan sperma untuk 'berenang'. Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Fertility and Sterility menemukan bahwa pria yang makan banyak wortel memiliki sperma dengan motilitas terbaik.

2. Makan Tomat
Jangan singkirkan lagi irisan tomat saat Anda sedang mengonsumsi burger atau sandwich. Menurut penelitian, pria yang mengonsumsi banyak lycopene memiliki sperma dalam bentuk tidak normal dengan tingkat yang lebih rendah. Selain tomat, lycopene juga ditemukan dalam buah berwarna merah dan sayuran lainnya seperti paprika merah, semangka dan pepaya.

3. Rutin Bercinta
Sebagai makhluk yang menghasilkan sperma terus menerus, lebih sering ejakulasi dapat menghapus sperma yang telah mengalami penuaan sejak di dalam testis. Dengan demikian, sperma yang kurang layak dapat 'dieliminasi' untuk mengurangi kerusakan pada sel-sel sperma selama penyimpanan. Oleh sebab itu, rutin bercinta dapat membantu memperbaiki kualitas sperma dan pada akhirnya akan menjaga sperma tetap dalam kondisi terbaiknya.

4. Konsumsi Ikan Lebih Banyak
Dalam studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari Harvard University, mereka mengkaji responden pria yang makan berbagai makanan termasuk daging olahan, daging putih, daging merah, dan ikan. Mereka menemukan bahwa orang yang mengonsumsi ikan setiap hari memiliki sperma dengan kualitas jauh lebih baik dibandingkan mereka yang jarang makan ikan. Daging ikan kaya akan zinc yang diyakini dapat meningkatkan kesuburan.

5. Ganti Pelumas
Sebagian orang memilih untuk menggunakan pelumas untuk membantu aktivitas bercintanya. Namun jika Anda dan pasangan berencana untuk segera memiliki anak, gunakan pelumas yang tidak memiliki agen spermisida atau water-based lubricants, karena akan mengganggu pergerakan sperma. Sebaliknya, Mayo Clinic merekomendasikan Anda untuk menggunakan minyak canola dan safflower.

6. Berolahraga
Olahraga tak hanya membuat tubuh menjadi sehat dan bugar. Bagi pria, rutin berolahraga akan sangat baik bagi kesehatan spermanya. Pria yang lebih aktif memiliki sperma dalam jumlah lebih banyak dan lebih aktif juga. Namun menurut Mayo Clinic, bidang olahraga tertentu seperti berlari, bersepeda, berenang, atau olahraga apapun yang menempatkan beban pada tubuh pria, jika dilakukan berlebihan justru dapat mengganggu produksi sperma.

7. Konsumsi Ginseng
Tidak hanya meningkatkan gairah seksual, memberi efek rileks pada otot, dan mengobati disfungsi ereksi, National Institutes of Health mengungkapkan pria yang rutin mengonsumsi ginseng memiliki jumlah sperma yang lebih banyak dan juga dapat meningkatkan motilitas spermanya.