Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Ingin Tetap Sehat? 9 Kebiasaan yang Tampak Sepele Ini Harus Dihilangkan


Banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang untuk tetap sehat, beberapa di antaranya bahkan memerlukan biaya besar, seperti jadi anggota di gym. Padahal untuk hidup sehat hanya perlu menghilangkan kebiasaan-kebiasaan yang terlihat sepele dan sebenarnya memberi pengaruh besar terhadap tubuh. Berikut 9 kebiasaan yang sebaiknya segera Anda hentikan jika ingin tetap sehat, seperti dilansir Boldsky:

1. Tetap ngemil saat sudah kenyang
Apakah ketika Anda sudah merasa kenyang, Anda masih terbiasa tetap makan camilan? Jika ya, segera ubah kebiasaan ini. Jika diteruskan hal ini dapat mengganggu pola makan dan membuat otak Anda menjadi sulit mengenal serta mengirimkan sinyal lapar. Tanpa disadari juga, kebiasaan ini membuat Anda mengonsumsi kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan.

2. Makan terburu-buru
Ini merupakan salah satu kebiasaan yang sering dilakukan orang, terutama saat makan siang. Padahal mengunyah terburu-buru dapat meningkatkan kadar keasaman dalam sistem pencernaan, kembung dan meningkatkan berat badan. Oleh sebab itu, sediakan waktu khusus untuk duduk dan makan perlahan agar sistem pencernaan dapat melakukan fungsinya dengan baik.

3. Tidur larut malam
Meskipun sudah diketahui istirahat dan tidur merupakan salah satu kebutuhan utama manusia, namun masih sering dianggap remeh oleh sebagian besar orang. Kebiasaan ini akan membuat Anda terbangun dengan tubuh yang terasa lelah, mata bengkak dan nyeri di sekujur tubuh. 

4. Ngupil
Ngupil merupakan kebiasaan buruk lain yang mampu mempengaruhi kesehatan Anda. Kebiasaan ini memungkinkan virus flu masuk melewati lendir di dalam hidung dan kemudian menyebarkan flu. Selain itu, jika jari atau benda lain yang digunakan untuk mengupil tidak bersih, maka besar kemungkinan akan muncul infeksi.

5. Memakai high heels
Memakai high heels atau sepatu hak tinggi memang dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda. Namun terbiasa menggunakan sepatu hak tinggi selama berjam-jam dapat menyebabkan nyari pada kaki, pergelangan kaki dan punggung. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan keseleo dan bahkan patah tulang.

6. Tidur tanpa membersihkan kosmetik
Pori-pori tersumbat, kerusakan kulit, muncul bintik hitam dan jerawat adalah beberapa masalah kulit yang terjadi jika Anda terbiasa tidur tanpa membersihkan kosmetik terlebih dahulu. Sebisa mungkin biasakan untuk menghapus wajah dari kosmetik sampai tuntas sebelum tidur.

7 . Membawa tas yang berat
Seringkali siswa mengeluh sakit punggung akibat membawa beban yang terlalu banyak dalam tas. Nah, kebiasaan ini memang memberi dampak buruk dalam jangka panjang. Lebih baik gunakan beberapa tas kain lain atau sebisa mungkin pilihlah barang mana saja yang lebih penting untuk dibawa. 

8. Menggigit kuku
Jari-jari dan kuku yang penuh kuman sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam mulut karena akan berisiko membuat Anda jatuh sakit. Jika memang Anda sedang gugup dan terbiasa menggigit kuku, cobalah mencari kebiasaan lain, misalnya menarik napas sedalam mungkin. 

9. Tidak makan dengan alasan diet
Seringkali orang menjadi salah kaprah dan mengartikan diet dengan 'melewatkan jam makan', padahal hal tersebut sama sekali tak benar. Diet merupakan pengaturan pola makan. Terbiasa memaksakan diri lapar dan melewatkan makan akan mempengaruhi sistem pencernaan Anda dalam jangka panjang. Selain itu, biasakan juga untuk tidak melewatkan sarapan karena Anda memerlukan nutrisi penting selama sehari penuh.