Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

5 Hal Konyol yang Bikin Orang Susah Turunkan Berat Badan


Banyak orang merasa kesulitan untuk bisa membuat angka di timbangannya bergeser ke kiri alias menurunkan berat badan. Tak hanya kurang olahraga atau pola hidup tak sehat, ada pula penyebab lain yang tanpa disadari bisa membuat berat badan Anda sulit turun. Dilansir Womanshealth, berikut ini hal-hal konyol penyebab orang sulit menurunkan berat badan dan cara mengatasinya:

1. Kurang Tidur
Kondisi kurang tidur bisa mengacaukan hormon pengatur nafsu makan dan membuat Anda lebih bersemangat mencomot makanan manis. Menurut National Health Interview Survey, perubahan nafsu makan ini terjadi pada orang dewasa yang rata-rata tidur kurang dari enam jam. Penelitian menunjukkan bahwa saat kurang tidur, seseorang akan kehabisan energi dan cenderung makan lebih banyak makanan yang buruk.

"Karena Anda sudah mengalami defisit energi, beri jeda waktu makan lebih lama agar kadar glukosa lebih stabil. Lebih baik konsumsi protein dan serat yang berguna untuk memperlambat proses pencernaan dan menstabilkan gula darah," jelas Ramani Durvasula , Ph.D,  profesor psikologi di California State University di Los Angeles.

2. Cuaca Dingin
Penelitian telah menemukan orang cenderung makan lebih banyak saat suhu dingin berkepanjangan dibandingkan saat suhu panas karena tubuh membutuhkan lebih banyak energi. Selain itu, pilihan menu saat musim dingin cenderung bisa menambah bobot misalnya saja makanan tinggi karbohidrat, dibandingkan dengan salad yang biasa disantap saat musim panas. 

"Agar badan tidak melar saat musim dingin, santaplah sup isi sayuran dan daging tanpa lemak yang bisa menghangatkan Anda," kata Nanette Stroebele, Ph.D dari University of Colorado di Denver's Center for Human Nutrition. Cara lainnya, coba pikirkan jika Anda melahap makanan itu saat cuaca dingin, bagaimana jika nanti cuaca tiba-tiba berubah. Cara itu bisa menekan konsumsi jumlah makanan Anda.

3. Pekerjaan
Survei nasional yang dilakukan CareerBuilder menemukan 41 persen orang telah menambah konsumsi makanan mereka saat bekerja. "Studi menunjukkan orang yang makan di meja kantor sekaligus mengoperasikan komputer cenderung makan lebih banyak dan cuek terhadap jumlah asupannya," papar Durvasula.

Untuk mengatasinya, menurut Durvasula cobalah makan jauh dari layar komputer dan fokus pada makanan Anda. Hal ini membuat Anda lebih mudah merasa kenyang. Peneliti di Cornell Food and Brand Lab menemukan bahwa orang bisa mengonsumsi cokelat dan makanan lebih sedikit ketika ia berada dalam jarak minimal enam meter dari meja kerjanya.

4. Periode Menstruasi
Estrogen bisa berperan mengatur apa dan banyaknya asupan yang dimakan. "Siklus menstruasi memang kadang menjadi alasan utama untuk makan. Kita mungkin berpikir bahwa saya haid dan biarkan saya menemukan sesuatu yang membuat saya bisa merasa lebih baik," kata Durvasula.

Cara menangani hal ini, seminggu sebelum menstruasi sebaiknya tambahkan susu dalam menu Anda. Dalam sebuah penelitian, wanita yang minum empat gelas susu rendah lemak 40 persen lebih mungkin terhindar dari PMS daripada mereka yang hanya minum satu gelas.

5. Acara TV Favorit
Waktu nonton TV adalah saat yang tepat untuk ngemil, tapi jika Anda terlalu asyik, badan melar pun bisa jadi risikonya. Studi di University of Texas Medical Branch menemukan bahwa semakin asyik Anda menyaksikan program tv atau film, Anda semakin mudah untuk makan.

"Cara mengatasinya yaitu buatlah komitmen bahwa Anda tidak akan makan selama menyaksikan acara itu karena jangankan menonton tv, saat orang tengah sibuk saja mereka tak henti-hentinya untuk mengambil makanan," kata penulis studi Elizabeth Lyons, Ph.D, MPH