Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Hindari 7 Hal Ini Agar Postur Tubuh Tetap Ideal


Beberapa orang tidak sadar akan pentingnya postur tubuh yang bagus. Bahkan, beberapa tidak mempedulikan cara membawa diri hingga postur tubuh semakin buruk. Padahal, postur tubuh yang buruk sering dikaitkan dengan kepercayaan dan harga diri yang rendah. Postur tubuh yang buruk tidak hanya membuat penampilan jadi jelek, tetapi juga berdampak pada kesehatan jangka panjang. Gangguan fisik jangka pendek yang diakibatkan buruknya postur tubuh antara lain nyeri pada leher dan punggung.

Dikutip dari Times of India, ada beberapa hal yang biasanya menyebabkan postur menjadi buruk. Menurut Dr. Tina Mahendrakar, fisioterapis, penyebab-penyebab itu harus dihindari agar postur tubuh menjadi ideal. Apa saja yang bisa menyebabkan memburuknya postur tubuh?

1. Nyeri atau kecelakaan
Saat mengalami nyeri, baik pada punggung, leher, atau bagian tubuh lain, orang cenderung mengatasi rasa sakit itu dengan mengubah posisi tubuh. Menaikkan sebelah punggung atau membungkukkan punggung, misalnya. Lama-kelamaan, postur itu menjadi kebiasaan yang mendarah daging. Itulah mengapa rasa nyeri atau dislokasi otot bisa membuat postur tubuh memburuk.

2. Kekurangan nutrisi
Punggung dan tulang belakang membutuhkan cukup nutrisi agar tumbuh kuat dan lurus. Nutrisi yang rendah, kurangnya asupan vitamin dan kalsium memberikan dampak buruk pada tulang dan otot. Postur menjadi rusak karena tulang serta otot tidak mempunyai cukup kekuatan dan elastisitas untuk mempertahankan postur yang benar.

3. Faktor keturunan
Ada anggota keluarga yang bungkuk? Anda mungkin juga akan mengalaminya. Jika penyebabnya adalah faktor genetik, percuma saja berusaha keras mempertahankan postur agar tetap tegap. Tapi jangan khawatir, masalah itu bisa diselesaikan dengan bantuan para ahli.

4. Tambahan berat badan
Menurut Dr. Tina, tambahan beban badan juga bisa membuat postur tubuh menjadi buruk. Banyak wanita berpayudara besar menjadi bungkuk karena mereka harus menopang beban ekstra di sekitar dada. Sedangkan orang yang berperut gendut berisiko memiliki bagian bawah punggung yang maju ke depan.

5. Kebiasaan
Cara berjalan salah atau cara membawa benda juga bisa merusak postur tubuh. Misalnya saja berjalan dengan kepala menunduk atau bahu yang merosot, hal-hal ini dapat membuat postur berubah dari yang seharusnya. Membebankan barang bawaan hanya pada satu sisi tubuh juga dapat membuat postur tubuh menjadi tidak seimbang.

6. Pekerjaan
Terus-menerus bekerja di depan meja adalah alasan terbesar mengapa punggung jadi bungkuk, ungkap Dr. Tina. Pasalnya orang-orang yang bekerja di depan meja sering memajukan leher dan kepala atau menurunkan salah satu bahu. Faktor-faktor itu menyebabkan tubuh tidak dapat mempertahankan posisi normal tulang punggung dan akibatnya postur rusak.

7. Mode dan gaya hidup
Pakaian dan sepatu ternyata mempengaruhi postur tubuh lho. Wanita yang mengenakan sepatu hak tinggi berisiko mendapat masalah pada postur tubuh. Menurut Dr. Tina, sepatu bot, pakaian ketat, celana jean berpinggang rendah, dan ikat pinggang yang lebar juga dapat mengakibatkan postur buruk. Penyebabnya, saat memakai sesuatu yang tidak nyaman seperti ikat pinggang lebar atau sepatu hak tinggi, pusat massa tubuh berpindah sehingga postur tubuh berubah.