Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

6 Hal Simpel Ini Ampuh Tingkatkan Gairah Bercinta


Rutinitas bercinta menjadi salah satu hal yang memegang peranan penting dalam menjaga keharmonisan hubungan suami istri. Namun terkadang, banyak pasutri yang merasa enggan bercinta akibat gairah seksualnya menurun. Nah, sebenarnya ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan agar pasutri makin bergairah ketika ingin bercinta, seperti dirangkum detikHealth:

1. Tetawa bersama pasangan
Tertawa merupakan aphrodisiac alami yang sangat kuat. Aphrodisiac atau afrodisiak merupakan bahan atau zat yang dapat membangkitkan gairah seksual atau libido. Tertawa bersama suami atau istri sebelum bercinta diyakini dapat meningkatkan gairah seksual.

Dengan berbagai macam aktivitas yang telah dilalui setiap harinya, tertawa memberikan kesempatan pada tubuh untuk rileks dan hormon bahagia dalam tubuh yang disebut oksitosin bisa dilepaskan. Hormon ini selanjutnya akan membuat Anda beserta pasangan menjadi semakin dekat dan mesra. Suasana ini pun nantinya akan menciptakan mood ideal untuk foreplay yang efektif.

2. Pakai kaus kaki
Beberapa ahli mengungkapkan salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan perempuan untuk meningkatkan libido adalah dengan mengenakan sepasang kaus kaki di ranjang. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Groningen, Belanda, para peneliti menemukan bahwa 80 persen responden wanita mampu mencapai orgasme ketika mereka mengenakan kaus kaki selama bercinta.

Sedangkan mereka yang tidak mengenakan kaus kaki hanya 50 persen saja yang mencapai orgasme. Menurut Gert Holstege, pemimpin penelitian ini, itu semua berhubungan dengan efek munculnya perasaan aman dan nyaman pada perempuan. Daerah otak yang bertanggung jawab terkait kegelisahan dan ketakutan, yaitu amigdala dan korteks prefrontal, perlu dinonaktifkan pada seorang perempuan untuk berhasil mencapai klimaks saat bercinta.

3. Bersih-bersih rumah
Studi yang dilakukan terhadap lebih dari 2.000 penduduk di Inggris menemukan bahwa bersih-bersih rumah juga diklaim bisa membangkitkan gairah seksual pria. Menanggapi hal ini, psikolog Tracey Cox, pakar hubungan dan seks mengatakan melakukan pekerjaan rumah tangga justru membuat pria mudah terangsang. Pasalnya sebagian besar pria tidak melihatnya sebagai sebuah 'pekerjaan' sehingga ketika mereka berhasil melakukannya, rasa-rasanya seperti mereka memperoleh pencapaian tersendiri.

"Bisa jadi mereka juga berpikir peluangnya untuk mendapatkan jatah bercinta dengan sang istri jadi lebih tinggi (setelah bersih-bersih rumah) karena pasangannya akan bangga kepada mereka dan cenderung berkenan memberi mereka 'reward' seperti seks," tutup Tracey.

4. Tidur tengkurap
Peneliti dari Shue Yan University, Hong Kong, Calvin Kai-Ching Yu, melakukan survei pada 670 responden di mana dua pertiga di antaranya adalah perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden yang tidur dengan posisi tengkurap lebih mungkin untuk melaporkan munculnya gairah bercinta. Hal ini dimungkinkan bahwa ketika tidur tengkurap organ intim Anda akan berhadapan langsung dengan tempat tidur.

Anda juga akan lebih sulit untuk bernapas, sama seperti ketika sedang bercinta. Para peneliti percaya kondisi ini berhubungan dengan fakta bahwa ketika Anda tidur dengan posisi tengkurap, maka Anda akan mendapatkan lebih sedikit udara, sehingga akan lebih sulit untuk bernapas. Jika Anda dan pasangan ingin menambahkan variasi lain, cobalah untuk menambahkan tumpukan bantal di bawah selangkangan.

5. Dengarkan musik saat foreplay
Studi yang dilakukan oleh Spotify mengungkapkan bahwa 40 persen orang dewasa mengaku musik yang seksi lebih meningkatkan gairah mereka selama bercinta dibandingkan dengan sentuhan.

Hal ini mungkin terjadi karena faktanya musik dapat mengalirkan sensasi tersendiri pada tubuh dan pikiran. Dalam studi ini, Spotify melakukan wawancara terhadap 2.000 responden berusia di antara 18-91 tahun.

"Tidak mengejutkan melihat banyaknya responden yang mengklaim bahwa musik di ruang tidur memberikan pengaruh bagi mereka. Musik dapat melepaskan reaksi dari bagian otak yang bertanggung jawab pada rasa bahagia dan kepuasan," ujar Mullensiefen, dari Spotify.

6. Kurangi melihat gambar erotis
Menurut Jill Blakeway, direktur klinis YinOva Center di New York City dan penulis 'Sex Again: Recharging Your Libido', terlalu sering melihat gambar-gambar seksual yang cenderung erotis bisa membuat banyak pasangan mengalami penurunan hasrat seksualnya.

Menurut Jill, hal itu justru mengarahkan mereka untuk mengeluarkan energi seksualnya bukan memasukkan energi seksualnya dalam hubungan mereka. Keadaan itu bisa berpengaruh pada koneksi fisik dan spiritual yang baik serta emosi yang erat di antara suami dan istri.

Selain itu, Jill menegaskan gambar tentang wanita di banyak media yang dibuat terlalu vulgar atau seksi, akan mempengaruhi wanita. Pasalnya, wanita akan memiliki harapan yang tidak realistis ketika ia melihat gambar seperti itu. Mereka juga akan merasa tubuhnya buruk.