Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

7 Tips Networking Efektif


Mengembangkan jaringan seluas-luasnya adalah hal penting dalam dunia pekerjaan. Hal tersebut adalah salah satu cara terbaik untuk mencari tahu tentang kesempatan kerja dan untuk meningkatkan karier profesional. Networking, dalam bahasa kerennya, bukan hanya menambah lingkaran pertemanan, namun juga menjaring keuntungan lain seperti proyek sampingan bahkan pekerjaan baru di kemudian hari.

Namun, bagi sebagian orang, membangun jaringan cukup melelahkan bahkan dapat dikatakan sebagai hal yang sulit. Untuk itu, langsung simak beberapa poin penting di bawah ini dalam membangun jaringan seperti para profesional, dinukil dari au.hudson.com ini.

Online
Internet penuh dengan kesempatan untuk menempatkan jejak terbaik ke depan dan bertemu orang-orang melakukan hal yang sama. Forum online adalah tambang emas digital sebagai prospek jaringan dan merupakan ide bagus untuk bergabung dengan kelompok profesional secara online dan diskusi industri-spesifik.

Membuat sebuah website, blog, halaman bisnis Facebook atau serupa akan memungkinkan orang untuk mengenal Anda dan terhubung dengan Anda melalui alat keterlibatan seperti komentar, saling memberikan like, share dan bahkan saham. Ketika koneksi Anda berbagi konten dengan koneksi mereka, pada dasarnya kedua belah pihak sedang memperluas jaringan.

Baca Juga: Tips Bikin Alis Natural ala Ivan Gunawan

LinkedIn
Berperan sebuah platform online, dan juga menjelma menjadi kartu bisnis baru. Pastikan untuk mengoptimalkan profil Anda dan terhubung dengan orang lain dalam profesi Anda. Ikuti kelompok industri dan pemimpin atau orang-orang yang berkedudukan dalam perusahaan, berpartisipasi dalam diskusi di mana Anda dapat menambahkan nilai, dan posting konten yang mungkin menarik bagi orang lain. Memberikan informasi yang berguna dan menghasilkan percakapan akan membangun profil Anda dan dapat menangkap perhatian pemain kunci di sektor Anda.

In person
Raymond Arroyo, seorang penulis buku laris versi New York Times, dan seorang trainer menekankan 'Lima Kesalahan untuk Dihindari ketika Berjaringan dengan Twitter'. Dia juga berpendapat,

"Banyak yang percaya jaringan yang efektif dilakukan secara tatap muka, membangun hubungan dengan seseorang dengan melihat mata mereka, yang mengarah ke hubungan yang solid dan kepercayaan dasar."

Tetap berhubungan
Kebiasaan dan tren yang seringkali terjadi dalam membangun networking adalah menghubungi rekan ketika ingin meminta bantuan seperti berpartisipasi dalam proyek Anda bahkan mencari pekerjaan baru. Hal inilah yang harus dihindari dalam memperluas jaringan.

Tetap berhubungan berarti jika, kontak rekan-rekan Anda sebisanya dalam kesempatan apa pun. Dengan begitu, hubungan baik akan tetap terjaga dan secara bebas Anda bisa saling membantu dan bekerjasama satu sama lain.

Berterima kasih kepada orang lain
“Terima kasih” memang terdengar seperti kata yang sangat sederhana. Namun, arti dari mengucapkan terima kasih jauh dari hal yang sederhana dan sepele. Mengapa? Berterima kasih kepada siapa pun atas apa pun yang mereka lakukan untuk Anda berarti juga memberikan rasa hormat, memberikan rekognisi dan juga menganggap apa yang dilakukan rekan Anda tersebut sebagai syukur. So, jangan lupa sisipkan “terima kasih” atas bantuan apa pun yang Anda dapatkan.

Menawarkan bantuan untuk orang lain
Dalam hal ini Anda perlu menempatkan diri dengan benar, peka terhadap sekitar dan bersedia membantu orang lain saat membutuhkan bantuan dari Anda. Sebagai imbalannya orang akan lebih cenderung bersedia pula untuk membantu Anda.

Harvey Mackay, seorang penulis motivasi Amerika dan pembicara, memahami konsep membangun jaringan yang sukses, menyatakan, "Aturan emas dari jaringan adalah jangan melulu meminta bantuan, namun tawarkan bantuan kepada orang lain."

Hubungi para alumni
Sekolah Anda dan teman sekelas pada saat kuliah adalah jaringan yang luas, dan sering dilupakan. Reid Hoffman, pengusaha internet dan co-pendiri LinkedIn, tepat menyatakan dalam profil Fast Company,

"Salah satu tantangan dalam networking adalah banyak yang berpendapat jika adalah hal yang dingin-dingin menghubungi orang yang tidak dikenal. Kenyataannya, mereka adalah orang-orang yang sudah mengenal Anda dengan baik, mengetahui Anda berdedikasi tinggi, cerdas, dan team player."


news.okezone.com