Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

5 Tips Liburan Seru ke Pulau 'Malin Kundang' Sumbar


Berlibur ke Pulau Pasumpahan, Sumatera Barat atau tempat di mana Malin Kundang dikutuk ibunya menjadi batu ternyata mudah. Ini tips yang bisa Anda ikuti. Pulau Pasumpahan tidak hanya punya mitos sebagai tempat Malin Kundang dikutuk ibunya menjadi batu. Keindahan panoramanya ternyata selalu menggoda turis untuk selalu datang berlibur.

Pulau seluas lima hektare ini punya hamparan pasir putih dengan air laut yang bening. Menariknya, permukaan lautnya seperti terbagi tiga, warna bening di pinggir, hijau pada bagian depan, dan membiru di bagian tengah.

Beruntungnya, Anda yang ingin mengunjungi Pulau Pasumpahan aksesnya terbilang mudah. Pulau Pasumpahan berada di Pantai Barat Kota Padang, Sumatera Barat. Persisnya, berada di perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Sebelum merencanakan liburan ke Pulau “Malin Kundang” ini, ada baiknya memperhatikan tips liburan seru ke Pulau Pasumpahan, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) berikut, sebagaimana dikutip dari Indonesia.travel.

- Pulau Pasumpahan cukup terpencil, sehingga selain harus membawa peralatan tenda dan perbekalan, Anda perlu memerhatikan perbekalan makanan dan air minum secukupnya. Selain itu, jangan lupa membawa obat-obatan, losion antinyamuk, serta krim tabir surya.

- Beberapa bagian dermaga di Pulau Pasumpahan kurang terawat dan tidak terlalu kokoh, namun menjadi tempat berkumpulnya ikan. Jadi jika ingin menyusurinya, kita harus berhati-hati.

- Apabila ingin melakukan penyelaman di sekitar Pulau Pasumpahan, maka terumbu karang yang bagus untuk dinikmati ada di kedalaman 10 meter. Di kawasan ini, terkadang ada kegiatan rehabilitasi terumbu karang dan membuat transplantasi karang pada struktur besi yang diletakkan di dasar laut.

- Untuk mencapai Pasumpahan dari Sungai Pisang dengan perahu kayu atau speedboat sekira 20 menit. Setiap orang akan dikenakan ongkos Rp35 ribu untuk pulang-pergi. Namun kita juga bisa mencoba bernegoisasi untuk menyewa perahu berkapasitas 10 orang dengan harga sewa Rp75 ribu.

- Apabila ingin langsung menuju Pulau Pasumpahan, Anda dapat pula menyewa perahu nelayan dari pelabuhan Teluk Bayur.


lifestyle.okezone.com