Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Memilih Tabir Surya Untuk Pemilik Kulit Berminyak & Berjerawat


Memiliki kulit wajah cerah dan sehat tentu menjadi idaman tiap wanita. Namun paparan sinar matahari yang terus menerus dapat menjadi kendala untuk mewujudkannya. Dampak yang ditimbulkan pun tak hanya efek kulit terbakar matahari, namun juga wajah kusam, bintik hitam sampai kerutan. Bagi Anda yang bekerja di luar ruangan, tentu paparan sinar matahari sulit untuk dihindari. Namun bisa dikurangi atau ditangkal dengan penggunaan tabir surya atau sunblock.

Ada banyak brand yang mengeluarkan tabir surya dengan berbagai formulasi kini. Mulai dari yang berbasis air maupun minyak, dengan berbagai jenis SPF yang banyak pilihannya. Lalu, bagaimana cara memilih produk yang tepat bagi jenis kulit Anda?

dr. Gloria Novelita Sp.KK,., mengatakan pemilihan sunblock sebenarnya perlu disesuaikan dengan jenis kulit dan aktivitas seseorang. Misalnya saja, Anda adalah pemilik kulit berminyak dan berjerawat, sebaiknya hindari pemilihan sunblock dengan SPF tinggi sampai SPF 50.

Sunblock yang umumnya berbahan dasar minyak, kemudian diformulasikan dengan SPF tinggi justru akan membuat kondisi kulit wajah memburuk. Bukannya memiliki kulit sehat, justru masalah kulit lain seperti komedo akan memperparah kondisi wajah Anda.

Bagi pemilik wajah berjerawat, Gloria menyarankan untuk memilih sunblock dengan formulasi yang cair sehingga lebih nyaman dipakai dan tak lengket untuk kulit berminyak. Untuk pemakaian sehari-hari, SPF 15 atau 25 pun cukup untuk melindungi wajah.

"Tapi beda lagi kalau kamu berjerawat dan mau ke Bali, itu boleh pakai SPF 50, tapi jangan untuk daily. Sebenarnya lebih tergantung pada aktivitas," ujar Gloria saat ditemui di Empirica, Lot 8, SCBD, Jakarta Selatan.

Beda aktivitas, berbeda pula jenis sunblock yang perlu dipakai. Bagi Anda yang hanya berada dalam ruangan AC, memakai sunblock dengan bahan dasar minyak dianjurkan agar kulit tidak kering. Sedangkan SPF yang disarankan cukup SPF 15. Sedangkan untuk wanita yang aktif di lapangan, sebaiknya pilih formulasi cair dengam SPF 30 agar kulit terproteksi dengan baik dari paparan sinar matahari langsung.


wolipop.detik.com