Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Tradisi Di Indonesia yang Pasti Ada Di Setiap Hari Natal


Pas di tanggal 25 Desember, seluruh umat Kristiani di seluruh dunia termasuk di Indonesia merayakan hari raya Natal sobat lintas. Berbagai persiapan pun dipersiapkan agar perayaan natal semakin meriah, unik dan menarik dari setiap tahunnya.

Acara demi acara dibuat sedemikian mewah dan sekreatif mungkin sobat lintas. Bahkan nggak sedikit tempat-tempat ibadah umat Kristiani hingga tempat hiburan didesain semenarik mungkin. Jadi yang merayakannya pun, nggak pernah merasa bosan dan terus semangat bikin natal jadi tontonan yang menarik.

Tapi sobat lintas tahu nggak sih kalau di Indonesia tuh meski perayaan natal ada saja acara-acara menarik dan berbeda, namun pasti ada hal-hal yang pasti ada di setiap perayaan natal di setiap tahunnya.

1. Pohon Natal 
Kalau yang ini nggak ada di hari natal sih aneh sobat lintas. Perayaan natal ya pastinya harus ada pohon natal. Jadi umat Kristiani biasanya merias pohon natal sekeren dan semeriah mungkin. Apalagi kalau pakai kerlap-kerlip cahaya dengan warna-warna kombinasi.

2. Banyak Kado 
Tradisi tukar dan membagikan kado, biasanya ditujukan untuk anak yang berbuat baik dan terpuji selama satu tahun dari natal tahun lalu ke tahun berikutnya. Nah yang berhak memilih kado duluan biasanya yang punya sikap paling baik sebagai bentuk penghargaan.

3. Gereja-Gereja Penuh 
Layaknya perayaan hari raya, pasti tempat-tempat ibadah penuh oleh umat yang bersungguh-sungguh merayakan hari natal. Biasanya umat Kristiani memenuhi Gereja-Gereja satu hari sebelum perayaan natal sobat lintas.

4. Libur Panjang 
Karena natal dirayakan di penghujung tahun, biasanya tempat-tempat kerja maupun sekolah mengadakan libur panjang yang dibarengi dengan perayaan tahun baru. Libur panjang ini juga bisa lebih banyak dirayakan bersama keluarga atau sahabat.

5. Budaya Mudik 
Nah kalau yang ini lanjut dari yang libur panjang. Momen libur panjang dengan tradisi mudik nggak hanya terjadi pas lebaran saja sobat lintas. Buat yang punya kampung halaman yang jauh, pasti memanfaatkan libur atau cuti dari tempat kerja supaya bisa mudik.

6. Aji Mumpung 
Aji mumpung atau cari-cari kesempatan buat liburan panjang biasanya dilakukan sama pegawai atau pekerja baru. Apalagi yang belum punya izin cuti, tapi karena nanggung buat liburan panjang, jadinya mencari-cari alasan supaya bisa liburan sepanjang mungkin.

7. Film Natal yang Diulang-Ulang 
Satu lagi nih yang pasti sobat lintas udah tahu kalau di hari natal apalagi yang nggak kemana-mana alias cuma nonton TV di rumah. Apalagi kalau bukan tayangan perayaan hari natal yang pasti ada di setiap tahunnya. Ada seorang anak kecil (yang sekarang juga udah nggak kecil lagi) yang ditinggal sendirian sama orang tuanya.