Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

7 Hal yang Bisa Bikin Tubuh Gagal Bakar Kalori Meski Sudah Rutin Nge-gym


Dengan berlatih di gym, sebagian besar orang pasti berharap bisa mendapatkan tubuh yang ideal, bugar, dan sehat setelah mereka nge-gym selama beberapa sesi. Namun terkadang, keinginan tersebut tidak terealisasi.

Meski sudah mati-matian nge-gym tapi tetap tidak ada hasil apapun misalnya berat badan turun atau tubuh lebih bugar, ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya. Seperti yang diutarakan oleh pelatih fitness terkemuka Jennifer Cohen dan dikutip dari CNN berikut ini:

1. Lollygagging
Berbagai hal bisa membuat Anda tidak fokus saat nge-gym. Maka dari itu, fokuslah saat sedang berlatih di gym. Singkirkan sejenak gadget Anda yang bisa mengacaukan konsentrasi misalnya untuk membalas sms, bbm, atau hanya sekadar mengecek email atau perkembangan berita terbaru.

2. Terlalu banyak kardio dan sedikit latihan kekuatan
Treadmill memang bisa memberi hasil instan seperti langsung terbakarnya 400 kalori dalam tubuh. Tapi ingat, menurut Cohen, beberapa latihan kekuatan justru selain membakar kalori juga bisa membuat detak jantung lebih baik serta mengembangkan massa otot.

3. Konsumsi minuman berenergi
Minuman bernergi memang bisa membuat tubuh jadi lebih bersemangat. tapi dengan kandungan gula dan kalori, tubuh Anda justru makin mudah lelah. Maka dari itu akan lebih baik jika mengganti minuman berenergi dengan air putih. 45 Menit sebelum nge-gym, Anda juga bisa mencomot snack sehat dan mengenyangkan misalnya roti panggang dengan mentega almond.

4. Latihan dalam jangka waktu lama tapi santai
Menurut Cohen, daripada Anda berlatih selama satu jam tapi intensitas gerakan yang dilakukan cenderung santai, lebih baik ambil waktu yang singkat tapi lakukan gerakan dengan intensitas cepat. Misalnya, tantang diri Anda melakukan latihan 30 menit nonstop dengan mengambil istirahat setiap 15 menit selama 30 detik.

5. Nge-gym sendirian
Dengan adanya partner saat nge-gym selain bisa mengalihkan perhatian, juga bisa memberi Anda motivasi. Saat sendirian di gym, Anda bisa merasa malas karena hanya menghabiskan waktu dengan mendengarkan musik. Dengan hadirnya rekan ngegym akan membuat Anda terhibur, bersemangat, dan justru ingin 'mengalahkan' partner Anda dalam mencapai target latihan.

6. Terlalu bergantung dengan alat
Di gym ada beberapa alat yang membuat tubuh kurang efektif berolahraga. Maka dari itu Cohen mengatakan latihan yang menggunakan gerakan alami seperti meluncur, berlari, membungkuk, atau melompat jauh lebih efektif mengencangkan otot dan membakar kalori. Latihan lain yang bisa memperkuat jantung serta tubuh bagian atas dan punggung yaitu latihan dengan gerakan mendayung.

7. Melakukan latihan yang sama berulang-ulang
Ketika Anda melakukan latihan yang sama berulang-ulang, tubuh Anda akan terbiasa dan bobot latihan jadi lebih mudah. Sehingga, tubuh hanya akan menggunakan setengah energinya untuk menyelesaikan latihan tersebut. Maka dari itu, kelabui tubuh dengan mencampur berbagai gerakan berbeda setiap sesi sehingga tubuh bisa membakar lebih banyak kalori.