Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Cara Hindari 'Akal-akalan' Curang Montir Bengkel


Ada kalanya untuk memperbaiki performa motor, kita memerlukan jasa montir atau mekanik di sebuah bengkel. Dengan alat yang cukup terbatas, terkadang memang kita harus terpaksa memboyong motor ke bengkel untuk servis, ganti oli, atau sekedar ganti sparepart. Namun tak jarang kita dikecewakan oleh pelayanan atau 'dagangan bohong' sang oknum mekanik ketika kita ingin ganti sparepart. Kampas rem misalnya atau bohlam lampu yang putus.

Nah, untuk menghindari rasa dongkol itu bro-sis, ada baiknya kita memahami betul tentang motor atau kendaraan kita. Jangan terlalu awam banget deh, sebisa mungkin pelajari semuanya di buku petunjuk yang telah kita dapatkan saat membeli kendaraan. Berikut bekal yang harus kita miliki sebagai pemilik kendaraan, biar nggak jadi korban 'akal-akalan' montir bengkel yang gak bertanggung jawab :

Pahami penyakit kendaraan 
Setelah membeli kendaraan, pastinya kita sebagai pengguna merasakan impresi atau memahami betul karakter kendaraan. Dari situ kita bisa memahami dan tau betul penyakit yang sering terjadi di kendaraan kita. Sebisa mungkin carilah informasi tentang penyakit tersebut atau bisa juga membaca buku petunjuk.

Pahami sparepart kendaraan 
Nah bro-sis, kalo udah tau penyakitnya, langsung deh memahami sparepart yang harus diganti. Ketika kita ke bengkel, jangan dulu membeli sparepart dari luar, sebisa mungkin tanyakan dulu sparepart yang kita butuhkan, misalnya kampas rem. Ketika montir menawarkan sparepart yang mencurigakan dengan mengatakan lebih murah atau gak jauh beda dengan yang ori, sebaiknya tolak, dan mintalah sparepart original atau beli sendiri.

Referensi montir handal 
Nah ini penting juga bro-sis. Memiliki kendaraan ada baiknya bro-sis mengenal betul montir yang memahami karakter kendaraan bro-sis, jadi bisa dijadikan referensi atau tempat bertanya ketika ada montir lain menawarkan barang.

Datang ke bengkel resmi 
Ini yang paling aman bro-sis. Bawalah kendaraan bro-sis ke bengkel yang memang menjadi referensi di buku petunjuk atau pabrikan. Dampingi saat montir membongkar atau mengganti sparepart kendaraan. Nilai plusnya adalah bisa mengetahui lebih jauh tentang kelemahan dan kondisi kendaraan, dan juga bisa mengetahui kinerja sang montir. Dari situ, bro-sis bisa mengenal montir yang handan dan dapat dijadikan referensi untuk tanya ini-ituketika terjadi masalah.

Gampang banget kan bro-sis, kalo bukan kita, siapa lagi yang menjaga kendaraan agar layak digunakan, secara kita menggunakannya untukaktivitas sehari hari. Karena menurut beberapa sumber, banyak montir 'nakal' yang melakukan segala macam cara agar kita balik lagi kebengkelnya.