Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Ini Dia 20 Cara Alami Perangi Kanker


Tiap tahunnya jutaan orang meregang nyawa akibat kanker. Meski bisa disembuhkan dan pengobatan untuk kanker semakin canggih, kanker tetap bisa berakibat fatal serta merenggut banyak nyawa. Menghadapi keganasan kanker itu, langkah terbaik adalah dengan mencegahnya melalui cara alami.

Meraup makanan kaya antioksidan adalah cara terbaik untuk melawan kanker. Teh hijau, paprika, bawang putih, dan ikan adalah beberapa contoh makanan yang kaya akan antioksidan. Kanker juga dilawan dengan menghindari bahan-bahan karsinogenik yang memicu pertumbuhan dan persebaran kanker.

Perubahan-perubahan kecil pada gaya hidup pun mampu memerangi kanker secara alami. Misalnya dengan menggunakan ponsel secara bijaksana untuk menghindari radiasi berlebih, atau dengan menghindari sumber radiasi berbahaya lain. Dengan melakukan langkah-langkah itu, tubuh dapat terproteksi dari serangan mematikan kanker. Bagaimana cara alami untuk memerangi kanker? Dikutip dari Boldsky, inilah langkah-langkah dasar untuk memerangi kanker.

1. Mengurangi asupan gula
Setiap orang memiliki sel pemicu kanker di dalam tubuh. Berkembang atau tidaknya sel kanker itu tergantung pada gaya hidup. Salah satu zat yang memicu pertumbuhan sel kanker adalah gula. Oleh karena itu, kurangi makanan manis dan bertepung seperti kentang, nasi, atau gula.

2. Berhenti merokok
Peringatan dalam kemasan rokok sudah sangat jelas, merokok dapat menyebabkan kanker. Merokok menyebabkan tubuh terpapar zat-zat beracun pemicu kanker paru-paru, kanker tenggorokan, juga kanker mulut. Maka dari itu, hindari asap rokok langsung, asap pembakaran rokok, maupun residu asap rokok yang menempel pada benda-benda.

3. Meminum teh hijau
Jika dikonsumsi dengan secara teratur, teh hijau dapat mengurangi risiko serangan kanker. Penyebabnya karena teh hijau mengandung senyawa aktioksidan yang diketahui dapat memerangi kanker. Ketika meminum teh hijau, pastikan untuk tidak menambahkan susu atau gula.

4. Mengurangi alkohol
Mungkin Anda belum tahu bagaimana hubungan langsung antara minuman beralkohol dengan kanker. Ketahuilah bahwa penyalahgunaan alkohol meningkatkan risiko kanker, terlebih pada wanita. Wanita yang sering minum minuman beralkohol lebih rentan terkena kanker payudara.

5. Meraup sayuran organik
Banyak-banyaklah makan sayuran hijau organik. Sayuran organik lebih sedikit terpapar zat-zat kimia berbahaya sehingga lebih aman dikonsumsi. Semakin dekat dengan alam, semakin ampuh sistem perlawanan tubuh terhadap kanker.

6. Mengurangi konsumsi daging merah
Dalam daging merah seperti daging sapi atau kambing, terkandung lemak jenuh dan kolesterol jahat. Dua komponen itu diketahui meningkatkan risiko terjadinya kanker usus. Untuk pencernaan bebas kanker, kurangi konsumsi daging merah dan ganti dengan sumber protein lain.

7. Memperbanyak konsumsi ikan
Untuk memerangi kanker, gantilah daging dengan ikan. Ikan mengandung banyak omega 3, yakni asam lemak yang melindungi tubuh dari pertumbuhan kanker. Trik lain yang harus diketahui, jangan memasak ikan terlalu lama karena nutrisinya akan rusak.

8. Menyantap si makanan super, paprika
Sayur yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai supermarket ini ternyata memiliki khasiat melawan kanker. Meresepkan menu kaya paprika untuk para pasien kanker sangat baik dilakukan. Sebab baik paprika merah maupun kuning kaya akan likopen alias zat pelawan kanker.

9. Keluarkan keringat dengan olahraga
Untuk mencegah kanker, Anda harus menjaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur. Saat berkeringat, racun akan dikeluarkan dari tubuh sehingga risiko kanker bisa diminimalisasi. Jadi, lakukanlah olahraga sederhana seperti jalan cepat atau berlari dengan rutin!

10. Menggunakan ponsel dengan benar
Terekspose radiasi dari ponsel secara terus menerus dapat menyebabkan tumor otak dan kanker lain. Untuk menyiasatinya, gunakan mode hands-free jika Anda ingin berbicara lama melalui ponsel.

11. Melahap banyak bawang putih
Bawang putih adalah bumbu paling sehat untuk tubuh. Bawang putih tidak hanya berfungsi melawan kanker saja, bumbu masak populer itu juga berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

12. Mengurangi makanan olahan
Semakin dekat dengan alam, akan semakin sehat fisik dan pikiran seseorang. Maka, berhentilah mengonsumsi berbagai macam suplemen gizi dan minuman bersoda. Makanan-makanan tersebut mengandung zat-zat kimia buatan yang akan mengendap dan terus terakumulasi di dalam tubuh.

13. Minum banyak air
Air putih adalah obat terbaik untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Pasalnya minum air putih akan membuang racun-racun yang ada dalam tubuh. Dengan mengonsumsi cukup air setiap hari, sistem tubuh akan terbersihkan seluruhnya.

14. Tidak menggunakan plastik kualitas rendah
Mulai dari tas belanja, botol sampo, hingga alat makan, plastik mendominasi pembuatan alat-alat yang kita gunakan setiap hari. Berhati-hatilah dalam menggunakan plastik, sebab plastik berkualitas rendah dapat terdegenerasi dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, gunakan plastik berkualitas tinggi atau beralihlah pada kaca atau baja.

15. Memasak dengan minyak zaitun
Hampir semua minyak dan lemak mengandung asam lemak berbahaya dan tidak mengandung omega 3, terkecuali minyak zaitun. Mengolah makanan dengan minyak zaitun dapat mengontrol kalori sekaligus melindungi tubuh dari serangan kanker.

16. Menggunakan masker untuk bepergian
Kini polusi di beberapa kota, termasuk Jakarta, semakin memburuk hingga berada pada level di mana bernapas sama buruknya dengan merokok. Jika Anda tinggal di kota-kota penuh polutan, gunakanlah masker untuk mencegah agar racun-racun berbahaya itu tidak masuk ke dalam tubuh.

17. Menghindari MSG
Bumbu tambahan tertentu seperti MSG merupakan zat karsinogenik. Seperti yang telah diketahui, zat karsinogenik adalah zat-zat yang dapat memicu kanker. Oleh karena itu, periksalah label komposisi agar tahu secara pasti apa yang dibeli dan dimakan.

18. Perbanyak konsumsi pepaya
Pepaya adalah tambahan baru dalam daftar makanan yang bisa memerangi kanker. Pepaya kaya akan likopene, zat yang membantu melawan kanker.

19. Melakukan pemeriksaan medis secara berkala
Pemeriksaan kesehatan secara berkala dapat mendeteksi serangan kanker secepat mungkin. Dengan mendeteksi kanker secepat mungkin, dapat dilakukan penanganan yang baik sehingga peluang untuk sembuh semakin besar. Tes darah sangat membantu mendeteksi kanker dengan cepat.

20. Menghindari radiasi berbahaya
Mungkin Anda tak pernah menyangka bahwa alat yang sangat berguna seperti microwave bisa menjadi sumber radiasi yang berbahaya. Tapi faktanya, iya. Radiasi dari microwave, sinar UV matahari, dan sinyal ponsel tidak baik untuk kesehatan karena dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Jadi, cobalah untuk menghindari radiasi-radiasi itu sebisa mungkin.