Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Tubuh Juga Bisa Memprediksi 9 Kejadian Ini Lho!


Logika dan perasaan atau feeling biasa digunakan orang untuk memprediksi sesuatu yang kemungkinan akan datang. Selain logika dan feeling, tubuh juga bisa memprediksi suatu kejadian, lho. Dalam artian, beberapa bagian tubuh bisa jadi tanda saat sesuatu akan atau sedang terjadi, seperti dilansir Woman's Day berikut ini:

1. Nyeri sendi bisa memprediksi cuaca
"Ketika badai terjadi, tekanan atmosfer turun. Saat itu, ujung saraf sensorik pada sendi mayor relatif mengalami peningkatan tekanan cairan sendi sehingga terjadi peningkatan rasa sakit pada sendi," jelas ahli bedah ortopedi Robert Taid, MD.

2. Mata jadi penanda tubuh kedinginan
Semua orang menggigil ketika kedinginan. Menurut dr  Rupe Hansra, OD, direktur senior di pusat perawatan mata LensCrafter, mata bisa jadi jendela cuaca dingin yang ekstrem. "Ketika hipotermia parah, pembuluh darah di mata menyempit untuk menghemat energi dan bahkan bisa mengakibatkan kebutaan sementara," kata dr Hansra.

3. Denyut jantung meramalkan masa depan
Penelitian terbaru menemukan bahwa detak jantung bisa membantu masyarakat mengantisipasi peristiwa mendatang. Peneliti dari Northwestern University, University of Carolina, dan Universitas Padova di Italia, memberi serangkaian gambar tak terduga untuk mempelajari reaksi beberapa orang.

Beberapa gambar dibuat netral dan yang lain merupakan gambar terlarang. Para ilmuwan menemukan denyut jantung peserta lebih cepat 10 detik sebelum gambar disajikan. Hal ini menunjukkan bahwa denyut jantung juga bisa merasakan sesuatu yang akan terjadi.

4. Vagina bisa terangsang sebelum ada sinyal dari otak
Anda bisa saja berpikir bahwa Anda tahu ketika sedang terangsang. Tapi menurut penelitian Yvone K. Fulbright, PhD, vagina bisa mengeluarkan pelumas sebelum wanita menyadari bahwa dirinya sudah terangsang. "Temuan ini melawan gagasan bahwa laki-laki lebih visual daripada wanita," ujar Fulbright.

5. Pupil tahu saat Anda jatuh cinta
Menurut dr Hansra, bila Anda sedang tertarik dengan seseorang, pupil mata akan cenderung membesar yang disebabkan sistem saraf simpatik yang mengontrol pelebaran pupil. Pelebaran pupil tak hanya terjadi saat Anda jatuh cinta tapi juga saat takjub melihat sesuatu.

6. Indra penciuman bisa membawa Anda ke nostalgia
"Korteks penciuman otak yang bertanggung jawab atas aroma yang dicium seseorang, terletak di sistem limbik, tempat munculnya emosi dan penyimpanan kenangan," jelas profesor psikologi di Universitas Stockholm, Maria Larrson.

7. Mata bisa tahu musim semi akan datang
"Mata Anda bisa menangkap sinyal akan datangnya musim semi seperti adanya pollen dan peningkatan jumlah spora. Akibatnya, mata bisa gatal dan berair," kata dr  Rupe Hansra, OD, direktur senior di pusat perawatan mata LensCrafter.

8. Sistem pencernaan bisa memberi tubuh kekuatan super
Saat otak berada pada kondisi waspada dan berbahaya, maka sistem saraf simpatik akan melepaskan adrenalin, mempercepat detak jantung, meningkatkan respirasi, dan melebarkan pupil. Setelah itu, sistem pencernaan akan tertutup sehingga memungkinkan otot untuk berkontraksi sengan kekuatan luar biasa.

9. Migrain bisa menunjukkan perubahan suhu yang ekstrem
Banyak penderita migrain sensitif terhadap suhu ekstrem misalnya terlalu dingin atau panas. Perubahan cuaca pada dassarnya bisa membuat ketidakseimbangan dalam zat kimia otak termasuk serotonin yang bisa memicu migrain.

"Sakit kepala bisa mendorong seseorang untuk bersembunyi dari cuaca ekstrem. Maka dari itu ketika suhu sangat dingin atau justru panas lebih baik Anda tinggal di rumah untuk menghindari migrain," papar staf ahli saraf Mayo Clinic, Jerry W. Swanson.