Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

4 Tips Menulis Resume untuk Dapatkan Pekerjaan Pertama


Banyak fresh graduate yang kurang pas dalam menyusun resume yang mereka gunakan untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya. Akibatnya, mereka tidak memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Dikutip dari Careerealism, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam menyusun resume.

1. Lupakan hiasan atau desain yang terlalu berlebihan
Perusahaan tidak terkesan pada banyaknya warna yang terdapat pada resumemu. Fokuslah pada isi resume yang mencakup keterampilan dan prestasi yang kamu miliki.

2. Kenali dan tunjukkan nilai dari pengalaman dan pendidikanmu
Dari setiap pengalaman yang kamu miliki, tonjolkan nilai dari pengalaman tersebut. Meskipun hanya menjual tiket suatu acara, jangan anggap itu bukan pengalaman yang tidak penting. Kamu harus bisa menemukan makna yang kamu peroleh dari pengalaman tersebut.

3. Tulis resume untuk pekerjaan yang kamu suka
Setiap orang punya selera pekerjaan yang berbeda. Ada yang suka kerja kantoran, ada yang suka kerja lapangan, kerja di bidang seni, teknologi, dan lain sebagainya. JAdi, siapkan dirimu untuk pekerjaan yang kamu sukai.

4. Cari tahu apa yang perusahaan inginkan
Baca iklan, mengobrol dengan orang-orang yang sudah punya pengalaman di sebuah industri, baca buku, adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengidentifikasi keinginan sebuah perusahaan yang kamu incar. Ketika kamu bisa mengetahui dan menguasai yang perusahaan inginkan, maka kamu akan lebih mudah untuk membuat resume yang sesuai.


news.okezone.com