Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Membangun Percaya Diri dalam Wawancara Kerja


Merasa gugup sebelum melakukan wawancara kerja adalah hal yang wajar. Tapi demi mendapat hasil yang maksimal, kamu harus bisa melawan kegugupan itu dengan rasa percaya diri yang kamu miliki. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membangun rasa percaya diri, sebagaimana dikutip dari Careereaslism.

1. Mencari tahu profil pekerjaan
Saat wawancara, pewawancara sering menanyakan: "Apa yang kamu ketahui tentang perusahaan ini?" Nah, agar kamu tidak gugup saat menjawabnya, lakukan riset singkat untuk mencari tahu latar belakang dari perusahaan tersebut. Kamu bisa membuka laman resmi perusahaan atau bertanya kepada rekan dan kerabat yang bekerja di perusahaan itu.

2. Memperkirakan pertanyaan yang muncul
Dalam wawancara kerja terdapat pertanyaan-pertanyaan umum yang sering diajukan oleh pewawancara. Cobalah berdiskusi dengan teman atau saudara yang sudah memiliki pengalaman kerja sehingga kamu punya gambaran terkait dengan pertanyaan yang diajukan serta cara menjawabnya.

3. Berlatih
Sebelum hari wawancara tiba, lakukan latihan mengetahui kesiapanmu dalam wawancara. Jika saat berlatih kamu merasa sudah cukup baik dalam menjawab pertanyaan. Hal tersebut bisa membuatmu semakin percaya diri untuk menghadapi wawancara yang sesungguhnya.

4. Pastikan kamu punya perjalanan karier yang baik
Perusahaan akan mengidentifikasi perjalanan kariermu dari awal hingga menjadi salah satu kandidat pegawai dari perusahaan tersebut. Untuk itulah, jika kamu memang pernah melakukan kesalahan di masa lalu, pastikan akun media sosialmu tidak menampakkan kesalahan tersebut. Sebab, tak jarang perusahaan mengecek akun-akun media sosial yang kamu miliki.

5. Yakin bahwa pekerjaan yang kamu lamar layak untuk diperjuangkan
Semakin kamu mengharapkan sesuatu, kamu akan berusaha lebih keras untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, kamu harus yakin bahwa pekerjaan yang kamu lamar bisa memberikan masa depan yang cerah bagi kehidupanmu. Dengan demikian, kamu akan berusaha untuk mengeluarkan potensi terbaik yang ada dalam dirimu.


news.okezone.com