Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Menyeimbangkan Kuliah S-2 dengan Bekerja


Setelah lulus menjadi sarjana, terdapat dilema antara melanjutkan kuliah S-2 atau bekerja. Kamu bisa saja melakukan kedua kegiatan tersebut sekaligus, tapi konsekuensinya kamu harus bisa menyeimbangkannya. Sebagaimana dilansir Careerealism, berikut ini beberapa tips menyeimbangkan antara kuliah S-2 dengan bekerja.

1. Bicara kepada atasan di kantor
Banyak atasan yang mengizinkan karyawannya untuk melanjutkan kuliah S-2. Coba berikan alasan yang logis dan manfaat yang bisa perusahaan dapatkan jika kamu berhasil menyelesaikan studi S-2.

2. Jangan banyak menyia-nyiakan waktu
Semakin cepat kamu bisa menyelesaikan studi S-2, semakin efisien waktu yang bisa kamu dapatkan. Pertimbangkan berapa waktu yang diberikan perusahaan kepada kamu untuk menyelesaikan sekolah. Kamu juga bisa menekan biaya sekolah jika kamu cepat lulus. Manfaatkan waktu secara efektif.

3. Temukan program yang tepat
Kamu bisa menjalankan program S-2 yang menyediakan kelas di akhir pekan. Program tersebut tentu lebih fleksibel dibandingkan program yang mengharuskanmu hadir setiap hari. Dengan cara itu, kamu masih bisa melaksanakan pekerjaan kantor dan di sisi lain sekolah S-2 juga bisa terselesaikan.

4. Buat jadwal
Beri tahu perusahaan jadwal kuliah S-2 kamu, begitu juga beri tahu pihak universitas waktu yang diberikan oleh perusahaan untuk kuliah. Negosiasi sangat diperlukan agar kamu mendapatkan jadwal yang pas, baik untuk kepentingan pekerjaan ataupun kepentingan kuliah. Kamu juga harus mengatur waktu untuk mengerjakan tugas kuliah yang diberikan dosen.

5. Punya waktu untuk diri sendiri
Jangan terlalu menguras seluruh tenagamu untuk sekolah sekaligus bekerja. Terkadang, kamu juga butuh waktu untuk refreshing. Kedua kegiatan tersebut bisa menguras tenaga dan pikiranmu. Karena itu, agar emosimu tetap terjaga, sebaiknya kamu juga meluangkan waktu untuk bersantai.


news.okezone.com