Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Meningkatkan Kreativitas


Kreativitas diperlukan di era yang semakin kompetitif saat ini. Hampir semua pekerjaan menuntut karyawannya bisa berpikir secara kreatif untuk menciptakan atau menangani suatu masalah tertentu. Menumbuhkan kreativitas memang bukan hal yang mudah. Oleh karena itu, simak beberapa tips membangun kreativitas berikut ini, seperti dikutip dari Creativecorporate Culture.

1. Kamu butuh mencari inspirasi
Kamu bisa mencari inspirasi lewat membaca, mendengarkan musik, atau bahkan meditasi beberapa menit. Aktivitas itu bisa membuatmu merasa lebih rileks.

2. Mencoba kreatif setiap hari
Sisihkan waktu untuk mencoba kreatif. Misalnya, dengan membuat artikel, menggambar, atau membuat karya lain. Meski hanya sebentar, cara ini bisa melatih pikiranmu untuk bisa kreatif.

3. Bukan disiplin tapi setia
Kebiasaan yang kamu lakukan pada poin dua sebelumnya adalah bentuk dari setia, bukan alih-alih karena kamu orang yang disiplin.

4. Istirahat
Kadang pikiranmu sulit untuk menemukan ide. Coba istirahat, ambil napas sejenak dengan berlibur, mengopi, atau bertemu dengan teman-teman.

5. Buat daftar dan pilih ide-ide
Saat sedang tidak dibutuhkan, terkadang ide yang muncul akan lebih banyak. Coba catat dan daftar idemu itu. Kamu bisa pertimbangkan ide-ide tersbeut jika nanti dibutuhkan.

6. Bertanya
Sebelum kamu memulai sesi kreatif, selalu awali dengan apa, kapan, kenapa, dan bagaimana. Kemudian coba jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Cara ini untuk memudahkan kamu menciptakan sesuatu.

7. Bersenang-senang dengan teman
Momen berkumpul dengan teman adalah saat yang tepat untuk saling bertukar ide dan pemikiran. Setiap ide yang muncul bisa berkontribusi jika ada salah satu teman yang sedang membutuhkan masukan.

8. Manfaatkan jam sibuk
Kreativitas bisa muncul kapan saja dan dalam situasi apa saja. Oleh karena itu, manfaatkan setiap waktu untuk berkreasi. Kamu tahu di waktu apa kamu bisa mendapatkan ide-ide yang bagus.

9. Bangun jaringan
Dengarkan pendapat-pendapat orang yang ada di sekelilingmu. Kamu bisa berinteraksi dengan mereka untuk mendengarkan berbagai pandangan terhadap suatu hal.

10. Ambil risiko
Kamu harus berani ambil risiko. Semakin kamu takut, semakin kamu tidak mampu memunculkan ide-ide yang out of the box.

11. Lupakan bakat
Kita sering berpikir tidak mau melakukan sesuatu karena merasa itu bukan bakat yang kamu miliki. Jangan berpikiran seperti itu, kamu bisa belajar dan tetap berusaha melakukan yang terbaik.


news.okezone.com