Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Ini Dia Tips bagi yang Ingin Mempelajari Bahasa Mandarin


Mempelajari bahasa Mandarin memang tidak mudah. Selain harus mengetahui ribuan kata dalam bahasa tersebut, kamu juga dituntut untuk bisa menguasai pelafalan serta karakter dari kata-kata berbahasa Mandarin. Namun, mahasiswa S2 yang sedang menuntut pendidikan di China, Siti Marwah punya jurus jitu bagi kamu yang ingin memulai mempelajari bahasa Mandarin.

"Sering-sering berbicara dengan menggunakan kata yang sudah dipelajari biar tidak lupa. Rajin menulis karakter, biar nantinya lancar menulisnya," ungkapnya kepada Okezone melalui surat elektronik, belum lama ini.

Menurut wanita berhijab itu, dalam mempelajari bahasa Mandarin, yang paling sulit itu terletak pada pelafalan, grammar serta dalam penulisan karakter. Meski begitu, Marwah bisa membuktikan bahwa dirinya bisa menguasai bahasa asing tersebut hingga akhirnya kini ia bisa mendapat kesempatan untuk bersekolah di salah satu perguruan tinggi di negeri Tirai Bambu tersebut.

Marwah menambahkan, bila calon mahasiswa ingin mengajukan kuliah di China, maka sertifikat yang dimintanya adalah HSK 4 bagi Sarjana. Sedangkan untuk Master atau Doktor, calon mahasiswa harus lulus pada ujian HSK 5. "Sertifikat biasanya untuk cari kerja. Bisa juga untuk kuliah di seluruh universitas yang ada di daratan China. Untuk S1 biasanya harus lulus HSK 4, sedangkan S2/S3 lulus HSK 5," tambahnya.


news.okezone.com