Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Setiap Hari Terjadi Kebakaran, Ini 11 Tips Antisipasi Kebakaran


Sejak musim kemarau awal Juni lalu hampir setiap hari terjadi kebakaran. Untuk menghindari dari bahaya kebakaran ada beberapa tips yang disampaikan Kepala Dinas Pencengahan dan Penanggulangan Kebakaran (DPPK) Kota Bandung Ferdy Ligaswara, yaitu

1. Pastikan instalasi listrik di rumah/ gedung/bangunan anda memenuhi standar SNI.

2. Jika menambah daya,ikuti dengan perbaikan atau mengganti kabel, sikring, saklar yang sudah aus,

3. Tidak menambah beban panas induksi conecting secara bertumpuk bersamaan dan terus menerus,(contoh ada 2 cas hp,tv,komputer,kulkas,dispencer,kipas angin dan lainnya.

4. Jangan nyalakan lampu,saklar on secara terus menerus,

5.jika terjadi konsleting diikuti percikan api, segera matikan sikring,

6. Menyambung kabel listrik bungkus dengan solasi yang kuat pada titik sambung yang berbeda (2 atau 3 cm antara plus min).

7.jangan mengambil listrik tanpa melalui KWH.

8. Jauhkan bensin,spirtus,benda,bahan bahan kimia yang mudah terbakar dari sumber api/panas.

9.Tidak meninggalkan kompor dalam keadaan menyala,jika terjadi bau gas kompor,buka pintu jendela lebar-lebar dan jangan menyalakan api atau listrik ,

10. Tidak membuang puntung rokok ke bak sampah dalam keadaan masih menyala, menyalakan obat nyamuk lilin pada tempat yang baik dan tidak berdekatan dengan benda yang mudah terbakar dan hindari perbuatan sembrono yg dapat menimbulkan kebakaran lainnya.

11. Sediakan selalu Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dirumah /gedung/bangunan anda,dan periksa tekanan secara berkala. Jika trrjadi kebakaran segera hubungi 022 113(jika melalui hp) dan 133 line tlp biasa.atau 7207113.upt timur 7531847.


jabar.tribunnews.com