Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

10 Tips Membangun Kehidupan bagi Fresh Graduate


Meraih gelar sebagai sarjana memang membanggakan. Namun setelah semua itu berakhir, apakah kamu sudah tahu apa yang akan dilakukan? Ini adalah tips atau langkah yang bisa kamu lakukan usai lulus kuliah, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Menulis
Cara ini bisa membantumu menentukan apa yang akan dilakukan esok hari. Serta, memutuskan apa saja yang akan kamu ambil sesuai visi ke depan.

2. Cari tahu ‘kenapa?’
Ini menjadi alasan untuk semua hal yang ingin kamu bangun dalam hidup. Dengan mencari tahu alasannya, kamu bisa menemukan kemampuan serta mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan.

3. Pasang target
Ketika sudah tahu alasan melakukan ini dan itu, saatnya untuk membuat target jangka pendek. Ini akan membuatmu cepat meraih apa yang diimpikan.

4. Mentor
Kelilingi diri dengan orang-orang yang bisa menjadi mentor hebat, sehingga kamu termotivasi menjadi apa yang diinginkan dalam hidupmu kelak.

5. Bertemu dengan mereka yang miliki mimpi sama
Ada kekuatan dari sebuah kolaborasi. Temuilah beberapa orang yang memiliki mimpi yang sama denganmu. Sehingga, kamu bisa berbagi cerita serta berjuang meraih apa yang ingin kamu dapat.

6. Visualisasikan apa yang kamu impikan
Menuliskan sesuatu atau menciptakan sebuah gambar yang kamu inginkan akan membuatmu seperti hidup di dunia sendiri. Kamu juga bisa membagi hal tersebut dengan teman-teman.

7. Tujuan hidup harus lebih dari keuntungan
Uang bisa menjadi salah satu motivasi. Namun kenyataanya, uang bukanlah akhir dari kebahagiaan. Jadi, doronglah dirimu untuk bisa lebih termotivasi dari dalam diri.

8. Lupakan CV dan bangun komunikasi
Nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) hanya sebagian kecil dari apa yang ingin diciptakan di hidupmu. Luangkanlah waktu untuk bisa memenuhi setiap rencana yang sudah kamu buat. Ini akan membantumu lebih terarah.

9. Berbagi hal baik yang ingin dilakukan
Menuliskan sejumlah hal yang ingin kamu lakukan dalam hidup ini adalah awal yang baik untuk mulai berpikir lebih besar. Kemudian, kamu bisa berbagi hal tersebut dengan orang-orang terkasih, sehingga mereka bisa memberi masukan.

10. Ubah Kebiasaan
Faktor yang memengaruhi potensi seseorang adalah kebiasaan. Melalui kebiasaan yang dilakukan, seseorang akan mendapatkan potensi terbaik mereka serta bisa membangun sesuatu yang luar biasa.


news.okezone.com