Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Tips Supaya Reksa Dana Tetap Untung Meski Ekonomi Lesu


Ekonomi Indonesia tumbuh sedikit melambat di kuartal II-2015. Lambatnya ekonomi berpengaruh kepada imbal hasil investasi masyarakat. Namun tidak semua investasi mengalami kerugian, contohnya reksa dana pasar uang yang masih menghasilkan imbal hasil positif alias untung.

Kalau masih bingung pilih reksa dana mana yang kira-kira bakal untung, serahkan saja kepada manajer investasi (MI) yang akan mengurus investasi anda. Lalu bagaimana caranya memilih MI yang cocok?

"Pertama pilih manajer investasi (MI) yang sudah credible, itu saran paling utama buat nasabah, apalagi yang baru. Kan MI menentukan struktur portofolionya nanti seperti apa," kata Marketing Communication Phillip Securities Indonesia, Fransiska Widianingsih, di Jakarta.

Kedua, kata dia, lihat kinerjanya MI secara historikal. Setiap MI selalu melaporkan kinerjanya setiap tahun, pelajari polanya dalam 5 tahun terakhir. Setelah itu, tentukan kebutuhan investasi Anda, apakah jangka pendek atau jangka panjang.

Dengan bantuan MI, Anda akan ditawarkan beberapa jenis investasi reksa dana. "Kalau (jangka) panjang jelas equity fund (reksa dana saham). Untuk di bawah 5 tahun, kalau 2-3 tahun, (reksa dana) campuran atau pasar uang," ujarnya.


finance.detik.com