Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Ini Dia Tips Pilih-pilih Cokelat yang Baik untuk Kesehatan


Mengulum cokelat setiap hari punya efek yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal itu sudah terbukti lewat penelitian yang dimuat dalam jurnal Heart. Studi yang melibatkan 25.000 orang tersebut menunjukkan bahwa makan 3,5 ons cokelat per hari bisa mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke secara signifikan.

Hanya saja, tidak sembarang cokelat yang dikonsumsi bisa membantu meningkatkan kesehatan tapi jenis cokelat yang berkualitas tinggi. Seperti apa cokelat berkualitas yang dimaksud? Produk dengan kemurnian cokelat yang tinggi bisa masuk dalam kategori ini, dan biasanya dilabeli dengan 'dark chocolate' pada kemasannya.

Namun perlu diteliti lagi, apakah produk yang dibeli benar-benar mengandung bahan yang berasal dari bubuk cokelat asli. Sebab setiap perusahaan bisa saja mencantumkan kata 'dark chocolate' pada produknya meskipun kandungan cokelat aslinya sangat sedikit.

Hal ini terjadi karena 'dark chocolate' belum diregulasi secara resmi oleh badan pengawasan makanan dan obat internasional (Food and Drug Administration) sehingga belum ada batasan kriteria produk cokelat seperti apa yang bisa diberi label tersebut. Cara paling tepat untuk mengetahuinya adalah dengan mencobanya.

Berbeda dengan white atau milk chocolate, dark chocolate memiliki konsentrasi flavanol dan polifenol yang jauh lebih tinggi. Dua zat tersebut merupakan antioksidan yang bisa melawan radikal bebas penyebab sakit jantung dan stroke.

Sebuah produk cokelat harus mengandung setidaknya 60-70 persen cokelat murni agar bisa mendapatkan manfaat antioksidan yang dimaksud. Semakin pahit rasanya, maka semakin tinggi kandungan bubuk cokelat asli dan semakin baik bagi kesehatan.

Perhatikan juga daftar bahan-bahan yang biasa dicantumkan di depan atau belakang kemasan. Sebatang cokelat biasanya 'hanya' terbuat dari biji cokelat/bubuk cokelat, mentega cokelat, gula dan mungkin sedikit vanilla. Tapi jika di kemasan sudah tertera nama bahan-bahan yang tidak Anda kenali maka berarti sudah banyak campuran bahan lain yang membuat cokelat berkurang kemurniannya.

Jika Anda bosan dengan rasa dark chocolate yang itu-itu saja, bisa memakannya bersama buah-buahan. Anda bisa membuat fondue dengan melelehkan dark chocolate untuk dijadikan pencelup stroberi, anggur, jeruk atau melon.

Seperti dikutip dari Huffington Post, penelitian yang dilakukan di Louisiana State University menunjukkan bahwa memakan cokelat dengan buah yang tinggi serat bisa menambah manfaat bagi tubuh.

Saat cokelat dikunyah dan mencapai usus besar, bakteri baik di dalam usus akan memakannya dan terjadilah fermentasi. Proses fermentasi tersebut akan menghasillan senyawa yang berfungsi melawan peradangan pemicu timbulnya penyakit. Adanya serat akan membuat proses fermentasi lebih efektif.

Jika terlalu repot membuat fondue cokelat, bisa memilih dark chocolate dengan isian buah kering atau kacang-kacangan. Dark chocolate isi kismis, cranberry atau jeruk kering, almond, hazelnut dan walnut cukup lezat dan sehat untuk dinikmati. Jangan lupa tetap batasi konsumsinya, maksimal tiga hingga empat keping cokelat.


wolipop.detik.com