Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

5 Tips dan Trik Cara Foto Keren dengan Smartphone


Fungsi smartphone bukan hanya sebagai alat tempat berkomunikasi saja, melainkan smartphone juga bisa dialih-fungsikan sebagai ajang foto-foto bagi para penggunanya. Dengan perkembangan teknologi pada saat ini apapun bisa dilakukan dengan hanya menggunakan smartphone.

Seperti halnya dalam bidang fotografi, dulu jika kita ingin menggeluti bidang ini hal pertama yang harus dilakukan pastinya mempunyai kamera foto SLR atau DSLR. Namun, dengan adanya perkembangan teknologi  fotografi dapat kita lakukan hanya dengan menggunakan smartphone saja.

Namun, feature canggih kamera smartphone tersebut juga tidak serta merta dapat menghasilkan foto yang bagus karena dibutuhkan trik dalam menangkap gambar tersebut. Berikut tips dan trik menghasilkan foto yang baik menggunakan smartphone.

Dekatkan jarak antara kamera dengan objek
Kebanyakan kamera pada smartphone dapat menghasilkan gambar dengan kualitas detail luar biasa. Yaitu ketika Anda mendekatkan kamera pada objek. Bekerjanya sensor kecil di dalam kamera membuat depth of field yang lebih lebar sehingga bidikan pada objek menjadi lebih fokus. Dan jangan lupakan tentang faktor pencahayaan yang cukup untuk menghasilkan gambar sempurna.

Kurangi penggunaan Zoom digital
Fungsi zoom digital memang untuk mendekatkan jarak antara objek dengan kamera. Namun, pada hasilnya Anda akan melihat kualitas gambar yang jauh dari baik. Zoom akan mengurangi resolusi foto Anda secara keseluruhan. Apabila Anda menggunakan smartphone dengan kamera yang memiliki lensa 8.0 MP, sebaiknya Anda melakukan cropping foto daripada zooming untuk hasil terbaik.

Gunakan aplikasi pendukung terbaik
Aplikasi kamera pendukung pada smartphone sudah banyak tersedia pada masing – masing toko online. Untuk mendukung hasil gambar yang lebih optimal, Anda sebaiknya memilih aplikasi yang memiliki kontrol lebih kompleks. Sebut saja seperti aplikasi camera awesome dan camera + yang sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App store.

Gunakan Postur yang Baik
Jika tripod digunakan pada DSLR untuk menstabilkan gambar yang ditangkap, maka pada penggunaan smartphone dapat memakai tubuh Anda sebagai penopangnya agar gambar tetap stabil. Caranya, rapatkan siku pada tubuh saat memotret.

Gunakan Mode HDR
Titik lemah menggunakan smartphone untuk menangkap foto ialah mendapatkan daerah gelap-terang yang baik seperti dalam hutan yang gelap sangat sulit untuk menangkap detail dalam shadows dan highlight pada waktu bersamaan. Di sinilah mode HDR sangat berperan.


chip.co.id