Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

5 Tips Wisata Menikmati Sisi Lain Jakarta


Tak banyak wisatawan yang tahu, Jakarta punya banyak sisi lain yang patut ditelusuri. Namun sebelum mengunjungi tempat-tempat wisata tidak biasa di ibukota, simak dulu 5 tips ini. Jakarta punya banyak destinasi 'antimainstream', dari kuburan Belanda, patung ikonik legendaris, sampai rumah bersejarah dengan tragedi berdarah. Sebelum mengunjungi dan mendalami tempat-tempat ini, simak dulu beberapa tips yang dihimpun detikTravel:

1. Buat itinerary
Sama halnya dengan traveling ke luar kota atau luar negeri, itinerary harus dibuat lebih dulu. Kumpulkan dulu daftar destinasi yang ingin Anda kunjungi. Susun berdasarkan lokasi, jam buka, dan aksesibilitas. Jangan lupa, susun pula transportasi apa saja yang akan Anda gunakan selama traveling. Ada kalanya, naik kendaraan umum jauh lebih cepat dan nyaman.

Misal, Anda ingin mengunjungi Museum Taman Prasasti di Jalan Tanah Abang dan Galeri Jurnalistik Antara di Pasar Baru. Dari Museum Taman Prasasti, Anda bisa jalan kaki ke Museum Nasional kemudian naik bus wisata dan turun di depan Gedung Kesenian Jakarta. Selanjutnya, tinggal jalan kaki ke Galeri Jurnalistik Antara.

Baca Juga: Tips untuk Meningkatkan Penjualan di Masa Sulit

2. Gunakan aplikasi smartphone
Jadilah traveler pintar dengan memanfaatkan aplikasi smartphone. Jika Anda ingin berkeliling membawa kendaraan sendiri, beberapa aplikasi seperti Waze bisa menunjukkan arah dan titik kemacetan. Anda pun bisa mengantisipasi kemacetan dengan mengambil jalan lain. Kalau ingin jalan kaki dari satu tempat ke tempat lain, gunakan saja aplikasi seperti Google Maps. Cepat dan akurat!

3. Cari informasi seputar destinasi
Jangan berasumsi Anda mengetahui hari dan jam buka sebuah destinasi. Saat membuat itinerary, cari dulu informasi termasuk soal harga tiket. Misal, Museum Taman Prasasti dan Galeri Jurnalistik Antara tidak buka pada hari Senin.

Jam bukanya pun beragam, ada yang mulai pukul 09.00 WIB, ada pula yang buka pukul 10.00 WIB. Museum Taman Prasasti punya tiket masuk seharga Rp 5.000, sementara Galeri Jurnalistik Antara bisa dimasuki secara gratis. Baca saja detikTravel, karena banyak inspirasi destinasi antimainstream di sana.

4. Sedia payung
Sedia payung sebelum hujan. Ya, baru saja semalam Jakarta diguyur hujan deras setelah berbulan-bulan kering kerontang. Jangan berasumsi matahari akan bersinar seharian, karena cuaca Jakarta seringkali tak bisa ditebak!

5. Sedia kamera
Nah, hal penting lainnya yang wajib dibawa adalah kamera. Ingat, Anda akan menyambangi beberapa destinasi tidak biasa. Tentu saja tempat-tempat tersebut perlu diabadikan. Anda juga bisa berfoto ria dan posting di social media. Kejutkan teman-teman dengan foto yang di luar dugaan.


travel.detik.com