Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Ini Dia Tips Dongkrak IPK Rendah Jadi Tinggi


Punya IPK tinggi tentu menjadi dambaan setiap mahasiswa. Tapi, enggak jarang mahasiswa dapat IPK rendah, bahkan di bawah dua. Lantas, mungkin enggak sih mendongkrak IPK di semester berikutnya?

Dalam talkshow di Universitas Bunda Mulia (UBM), Jakarta, Direktur Pemberitaan MNC Group, Arya Sinulingga menceritakan pernah mengalami kondisi memperoleh IPK rendah saat kuliah. Dia pun membagi tips kepada peserta untuk meningkatkan IPK pada semester berikutnya.

"Pertama, jangan pernah bolos kuliah. Untuk dapat nilai bagus, harus tahu dulu materi yang dipelajari. Caranya, ya harus ikut kuliah. Selanjutnya, jangan duduk di belakang supaya bisa fokus memperhatikan dosen," ujarnya.

Baca Juga: 3 Tips Maksimalkan Otak dalam Bekerja

Alumnus Institut Teknologi Bandung ini mengatakan, langkah berikutnya adalah mencatat apa yang diajarkan dosen di kertas. Baru kemudian, lanjut dia, menyalinnya kembali di buku catatan dengan pulpen warna-warni. "Saat menyalin di buku itu sama saja kita mengulang kembali pelajaran yang diajarkan di kelas," terangnya.

Arya menambahkan, jika ingin hasil yang lebih sempurna, maka langkah terakhir yaitu berlatih soal dan mengajari teman. Sebab, saat bisa mengajari teman, artinya kamu sudah menguasai materi tersebut. "Tidak ada orang bodoh, yang penting rajin dan teliti. Dengan cara itu, saya berhasil menaikkan IPK  lebih dari 3,5," tukasnya.


news.okezone.com