Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

CEO Bukalapak Beri Tips-Tips Usaha Tanpa Modal


Para pelaku usaha sering mengalami kendala pada tahun pertamanya dalam membangun sebuah usaha mereka. Permasalahan utama yang dihadapi mereka yakni belum memahami bisnis bersifat online.

CEO Bukalapak/Tokopedia Muhamad Fajrin Rasyid menjelaskan agar sukses menjalani bisnis online, hal yang perlu diperhatikan bagi pelaku usaha yakni penjual harus memperhatikan dan mengetahui secara detail psikologis konsumen yang nyaman menggunakan online untuk membeli produk.

“Jangan sampai mau menjual barang yang dijual tidak menempatkan posisi kita sebagai pembeli,” kata Fajrin dalam acara “Diskusi Peluang dan Tantangan Koperasi dan UKM dalam Bisnis e-Commerce” di Gedung Kementerian Koperasi dan UKM, Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Fajrin menambahkan penjual online juga harus membuat kata kunci yang tepat agar produk yang dipasarkan mudah dicari oleh calon customer. Kabanyakan para pembeli meriset barang yang ingin dibeli melalui online.

“Misal saya ingin menjual kripik pisang dengan merk fajrin jangan menuliskan hanya fajrin. Sebab orang mencari dengan kripik pisang. Ketika orang search barang itu akan muncul. Itu tips dari saya yang selama ini diperlajari,” terangnya.

Menurutnya, setiap kali orang ingin membeli barang via online dari hasil pencarian orang tersebut 50% akan membeli. “Kalau ada dan harga masuk akal makan akan langsung dibeli. Jadi yang terpeting adalah mempelajari orang yang mau beli produk tersebut,” terangnya.

Selain itu, untuk berbisnis juga dapat dengan cara drosp ship, misalnya, calon pelaku usaha bisa menghubungi pemilik barang untuk menjual produknya. “Nantinya harga bisa dinaikin sedikit yang mau dijual, produk akan bisa langsung dikirim oleh penjual ketempat pembeli namun atas nama si orang tersebut. Jadi anda nggak perlu mengeluarkan modal kan,” tuturnya.


news.merahputih.com