Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Ini Dia Tips Jitu Bentengi Burung dari Cuaca Ekstrem


Di awal tahun 2016, cuaca ekstrim melanda sebagian besar wilayah Indonesia. Karenanya, Anda kicau mania, harus tetap waspada terhadap datangnya penyakit-penyakit yang ditularkan oleh berbagai bakteri maupun virus yang nantinya dapat merugikan burung gacoan Anda.

Dikutip dari laman mediaronggolawe, pemberian pakan yang berkualitas dan multivitamin sebagai penunjang daya tahan tubuh adalah langkah tepat untuk menghindarikan burung dari efek cuaca ekstrem tersebut. Jangan lupa, Anda juga harus jeli melihat gejala-gejala atau tanda burung sakit.

Burung mengkorok atau mengembung di bagian bulu menandakan gejala burung yang sedang tidak sehat. Jarang bunyi dan malas bergerak juga bisa pertanda burung kurang sehat. Jika burung mengalami gejala tersebut, pemberian E-bodre yang dilakukan secara rutin dapat menjadi alternatif jika burung sudah dalam kondisi sakit. Pemberian E-bodre dilakukan secara rutin sesuai petunjuk. Dan hindari burung dari sinar matahari hingga burung sudah dalam kondisi membaik.

Untuk mencegah timbulnya penyakit Anda bisa mensuplai daya tahan tubuh burung dengan menggunakan Ebod Solution. Pemberian multivitamin ini dapat mencegah dan mengobati segala penyakit yang ada dalam burung. Salain itu, beberapa tips lainnya dari kicaumania yang tergabung di grup Penangkaran Papburi Klaten, adalah sebagai berikiut :

Pemberian makan dan minum yang fresh, makanan serta minuman yang kita berikan untuk burung peliharaan sebaiknya dalam keadaan fresh. Anda  bisa mengganti makanan lama dengan yang baru pada sore hari secara kontinyu, hal tersebut dilakukan agar setiap bangun tidur pada pagi, burung selalu disajikan pakan yang lebih sehat dan bebas dari penyakit.

Memandikan burung pada pagi hari sebaiknya sediakan cepuk mandi untuk burung–burung kecil, sedangkan untuk burung besar bisa menggunakan kramba/semprot, tambahkan juga 3 tutup botol shampo khusus burung.

Setelah memandikan, sebaiknya burung dijemur, durasi penjemuran yang ideal pada musim kemarau seperti sekarang ini ialah sekitar 2-3 jam antara pukul 07. 00 s/d 10. 00, penjemuran pada burung juga berguna untuk kesehatannya, terutama mebunuh bakteri dan virus berbahaya pada burung secara alami dengan bantuan sinar ultraviolet yang terkandung pada sinar matahari.

Setelah melewati masa penjemuran, sebaiknya burung di krodong. Hal tersebut dilakukan agar memberikan efek yang lebih tenang ketika burung sedang beristirahat. Krodong juga berfungsi untuk melindungi burung agar tidak terkena masuk angin/flu pada malam hari.

Rutin membersihkan kandang, sangkar dan krodong, kandang, sangkar dan krodong merupakan salah satu kompenen utama yang diperlukan. Akan tetapi ke-3 alat tersebut juga mempunyai efek yang berbahaya terhadap kesehatan burung jika tidak rutin dibersihkan karena menjadi sarang bagi virus, bakteri maupun kutu. Setelah merawat, sebaiknya bersihkan pula kandang, sangkar, dan krodong dengan cara dicuci, untuk hasil maksimal bersihkan/cuci ketiganya menggunakan shampo burung setiap 1 minggu sekali.


jitunews.com