Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Mau Dihargai Orang Lain? Coba 7 Tips Ini


Banyak cara dilakukan untuk menarik simpati orang. Anda tak perlu repot-repot mengeluarkan keringat.Apalagi dengan biaya mahal. Tips-tips berikut ini cukup mudah untuk dilakukan, dalam kondisi apapun. Contonhnya seperti ini:

1. Menyisipkan kata ‘tolong’ jika meminta sesuatu 
Dengan membiasakan menyisipkan kata ‘tolong’ di awal kalimat perintah, orang lain akan merasa lebih dihargai. Misalnya : tolong ambilkan pena. Hal-hal kecil seperti itu sering dilupakan. Padahal hal kecil seperti itu bisa membuat orang merasa lebih kita hargai.

2. Jangan buang muka ketika seseorang sedang berbicara kepada kita
Ketika ada seseorang yang sedang serius berbicara kepada kita, hendaknya tanggapi percakapan tersebut. Jika ada keperluan mendadak, lebih baik permisi dulu ke lawan bicara, agar dia tidak merasa tersinggung. Menanggapi percakapan dengan orang lain merupakan salah satu cara kecil buat menghargai orang lain.

3. Bersikap adil kepada orang lain 
Sikap tidak adil malah membuat kita dimusuhi orang lain, karena terkesan pilih kasih. Sehingga di satu sisi orang menghargai kita dan di sisi satunya lagi orang lain malah memusuhi kita. Maka dari itu berusahalah bersikap adil terhadap orang lain karena semua orang ingin diperlakukan secara adil. Dengan bersikap adil kita lebih bernilai dimata orang lain.

Baca Juga: Ingin Jadi Wiraswasta Handal? Yuk Simak Tips ini

4. Terima kritikan dan masukan dari orang lain 
Tentunya menerima kritik dan masukan disini adalah kritikan dan masukan yang bermanfaat dan tidak merugikan diri kita. Terima saja kritikan dan masukan dari mereka, sisanya tinggal tugas kita memilah-milah mana yang terbaik buat diri kita.

Karena kritikan dari orang lain itu bukan akhir dari dunia ini. Yang terpenting hindari sikap “saya yang paling benar”. Dengan menerima kritikan dan masukan dari orang lain, tentunya orang lain akan merasa kita hargai bukan?

5. Jangan menegur memarahi orang lain di depan orang banyak 
Jika ingin menegur seseorang lakukanlah di tempat-tempat tertentu yang sekiranya tidak bisa didengar oleh orang lain. Sehingga orang yang bersangkutan tidak merasa dipermalukan. Serta hendaknya teguran dilakukan dengan cara yang wajar dan tanpa ada unsur cacian dan makian. Dengan begitu kita sudah menghargai orang lain.

6. Selalu menepati janji 
Menepati janji adalah salah satu cara menghargai orang lain. Baik itu dalam hal utang piutang ataupun ketika janjian dalam urusan apapun. Jangan pernah membuat janji yang kemungkinan tidak bisa kita tepati.

7. Menerima kekurangan orang lain 
Bukan rahasia umum lagi bahwa kita sebagai manusia sangat jauh dari kesempurnaan. Maka kita tidak bisa menilai seseorang dari kekurangan yang dia miliki. Karena di balik setiap kekurangan seseorang, pasti terdapat kelebihan di diri mereka.


rakyatku.com