Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Zaitun Ternyata Efektif Kurangi Risiko Kanker Payudara 62%


Minyak zaitun bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani. Salah satu manfaat minyak zaitun adalah bisa menurunkan risiko seseorang terserang kanker payudara sebesar 62%. Penelitian terbaru di Jama Internal Medicine menunjukkan diet ala Mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun murni bisa mengurangi risiko terkena kanker payudara.

Pembuktian khasiat minyak zaitun ini diteliti para ahli di Spanyol yang menggunakan 4.000 wanita sebagai sampel penelitiannya. Wanita yang menjadi sampel penelitian ini berusia sekitar 60-80 tahun. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok. Tiga kelompok ini melakukan diet ala Mediterania, yaitu mengonsumsi banyak serat.

Kelompok pertama diperintahkan untuk mengonsumsi makanan kaya serta, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, dan kacang-kacangan. Dalam program diet tersebut, para wanita di kelompok pertama harus mengurangi pengonsumsian susu, daging merah, dan permen. Mereka juga harus menambahkan empat sendok makan minyak zaitun setiap hari dalam makanan mereka.

Baca Juga: Ingin Irit Bahan Bakar? Ini 8 Tips Ampuh Pemecah Rekor Dunia

Kelompok kedua juga mengonsumsi makanan kaya serat sebagaimana kelompok pertama. Namun, para wanita di kelompok kedua melengkapi bahan makanan mereka dengan kacang yang sudah mengandung minyak . Sementara kelompok ketiga hanya disyaratkan mengonsumsi makanan rendah lemak.

Pengamatan terhadap 4.000 wanita tersebut selama enam tahun, menunjukkan, 35 perempuan terserang kanker payudara, namun wanita yang mengonsumsi minyak zaitun tidak terserang penyakit tersebut.

Sementara kelompok wanita yang makan kacang mengalami sedikit penurunan risiko kanker payudara, namun tidak signifikan. Minyak zaitun dirasa cukup ampuh mencegah kanker payudara lantaran memiliki kandungan antioksidan polifenol yang dapat mematikan sel kanker dan tumor.


solopos.com