Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Tips Perawatan Motor Agar Motor Tetap Keren


Memiliki motor dengan mesin yang prima serta kondisi bagus, tentu menjadi keinginan bagi semua orang. Untuk dapat memiliki motor demikian, tentunya Anda harus melakukan sejumlah perawatan. Tak hanya satu atau dua kali, perawatan harus Anda lakukan secara berkala agar motor tetap bagus dan keren. Yohanes Didi Sugito, dari Politeknik Manufaktur (Polman) Astra berbagi tips kepada detikOto, untuk merawat motor.

1. Baca Panduan Servis Berkala
Saat Anda membeli motor baru, pastinya pabrikan memberi buku manual atau panduan. Nah, Anda perlu memelajari betul-betul panduan yang telah diberikan. Di buku panduan juga terdapat acuan kapan seharusnya Anda harus melakukan servis motor secara berkala.

"Kalau kita beli motor baru kan ada panduan. Disitu pabrikan sudah menentukan servis berkala yang harus dilakukan. Misalnya 500 km, 1.000 km, 2.000 km, atau 4.000 km. Itu yang harus diikuti," ujar Yohanes.

Jadi, Anda jangan malas untuk mengecek sudah berapa kilometer jarak yang sudah ditempuh oleh motor. Jika sudah mendekati atau sudah mencapai batas kilometer yang ditentukan untuk melakukan servis berkala, segeralah Anda datang ke bengkel.

Baca Juga: 5 Tips Mudah Redakan Gejala Skizofrenia

2. Lihat Beban Motor
Hal kedua yang harus diperhatikan juga yaitu lihat beban motor. Misalnya di Jakarta kan sering macet di jalan, maka pergantian pelumas atau perawatan saringan udaranya harus dilihat lebih jeli karena mereka akan lebih cepat terkena debu. “Oli akan bekerja lebih keras,” ujarnya.

3. Gunakan Oli Sesuai Spesifikasi
Dalam hal menggunakan oli, Anda juga perlu melihat spesifikasi motor dan mesin dengan oli yang akan Anda beli. Jangan sampai oli yang Anda gunakan tidak sesuai dengan spesifikasi motor serta mesin, motor Anda nantinya justru yang akan rusak. "Untuk menggunakan oli yang baik, lihat dulu dari spesifikasi dalam kemasan oli. Itu yang jadi penentu untuk motor atau mesin tipe apa. Oli dan mesin harus sesuai," kata Yohanes.


oto.detik.com