Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Simak beberapa tips jadi sepak bola andal ala Firman Utina ini


Terus belajar dari pengalaman dan terus mengasah kemampuan, menjadi catatan penting bagi pemain sepak bola senior Indonesia, Firman Utina yang berpesan kepada para pemain muda. Pemain gelandang Persib Bandung ini berharap para juniornya mau berkerja keras dan memiliki motivasi tinggi untuk bisa mengarungi level yang lebih tinggi.

Penilaian Firman ini diberikan setelah timnya melakukan laga uji coba menghadapi Persib U-21 di Lapangan Sesko AD. Laga tersebut merupakan persiapan Maung Bandung tampil pada pertandingan pertama babak semifinal Piala Presiden 2015 kontra Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Minggu 4 Oktober 2015 nanti.

"Pertandingan saya rasa bagus buat senior (Persib) maupun yunior (Persib U-21). Akan ada pelajaran buat kita dan mereka, ini sangat positif menurut saya. Pelajaran berharga buat mereka ke depan," kata Firman.

Baca Juga: Ingin Jadi Pemimpin Handal? Ikuti 5 Tips Ini

Menurut Firman, sebagai seorang pemain muda, para juniornya harus punya mental pantang menyerah dan selalu merasa kurang untuk mengembangkan bakat sepak bola. Sebab, pemain junior sedang dipersiapkan untuk regenerasi.

"Menurut saya, siapa yang sudah siap, harus mau magang dan cepat naik level. Pemain muda harus mau perbanyak jam terbang untuk mengasah pengalaman. Menurut saya, tidak perlu dibatasi kalau mau bermain dengan tim lain di luar Persib. Banyak contoh yang menempa diri di luar Persib dan kembali dengan lebih siap," tutur Firman.

Selain itu, Firman juga berpesan agar pemain pun memiliki etika yang baik saat mengasah kemampuan di luar daerah. Karena menurut dia hal itu adalah sesuatu yang penting dalam hidup. "Yang penting etikanya harus bagus. Motivasi besar dan punya cita-cita kembali ke Persib dengan lebih siap setelah berkelana di luar sana," ujarnya.


merdeka.com