Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

15 Tips Mengatasi Morning Sickness Saat Hamil


Merasa mual ataupun muntah di pagi hari, dirasakan oleh kebanyakan wanita hamil. Jika dipandang dari sudut pandang biologi, morning sickness mungkin pertanda baik karena ini disebabkan oleh hormon kehamilan khususnya estrogen dan HCG (Human Chorionic Gonadotropin) yang berperan penting untuk mendukung telur yang baru dibuahi dari risiko keguguran.

Namun, jangan panik jika Anda tidak merasakan mual dan muntah di pagi hari selama kehamilan karena ini sama saja sehatnya dengan ibu yang mengalami morning sickness. Nutrisi yang dimakan ibu pun bisa terserap maksimal jika tidak mengalami muntah di pagi hari. Lalu, apakah ada cara untuk menghindari morning sickness? Berikut beberapa cara untuk menjauhkan Anda dari morning sickness saat hamil.

1. Sering makan, tapi jangan terlalu kenyang atau makanan dengan porsi besar. Camilan adalah makanan yang cocok saat hamil untuk menghindari rasa mual dan muntah. Setidaknya makan camilan setiap dua jam karena perut yang kosong bisa membuat mual.

2. Selalu sedia biskuit di samping tempat tidur, meja kerja atau di ruang santai rumah Anda.

3. Sedia makanan yang dingin seperti yogurt, buah atau salad. Karena makanan yang panas atau hangat cenderung memiliki bau yang kuat dan bisa memicu mual.

Baca Juga: Ini Dia Tips Menjaga Kesehatan Ala Dude Harlino dan Alyssa Soebandono

4. Jangan khawatir jika Anda hanya bisa mengonsumsi roti ataupun mashed potato. Karena tubuh menyediakan beberapa "kasih karunia gizi" jika Anda sudah makan dengan baik di fase prakonsepsi, tubuh yang bergizi mampu menyediakan nutrisi bagi bayi yang sedang tumbuh.

5. Tetap terhidrasi. Jika air membuat Anda merasa mual, cobalah tambahkan air dengan irisan buah. Atau coba minum air kelapa, soda, atau air jahe.

6. Tepat sebelum tidur, makan camilan yang mengandung protein dan karbohidrat seperti susu atau yogurt dan buah.

7. Simpan buah jeruk di dalam tas. Kadang, rasa manis bisa membantu cairan di mulut Anda.

8. Temukan dan kemudian hindari apa yang memicu Anda mual.

9. Rasa pepermint dapat membantu mual pada beberapa perempuan. Bisa juga menggunakan pewangi ruangan dengan aroma pepermint.

10. Akupuntur sebulan sekali dapat meningkatkan tidur dan mempertahankan energi juga mengurangi sakit dan nyeri.

11. Kelelahan dapat memperburuk morning sickness. Tidur siang dapat membantu menguranginya. Tutup mata selama 10 menit saat jam makan siang bisa membantu tetap kuat sepanjang sore.

12. Saat mual tiba, cobalah untuk bernapas dengan lubang hidung sebelha kiri yang bisa menenangkan sistem saraf. Secara lembut, tutup lubang hidung sebelah kanan dan bernapas dengan tenang hanya melalui lubang hidung kiri selama beberapa menit saja.

13. Jahe adalah yang paling ampuh mengusir mual. Coba parut jahe kemudian tambahkan ke teh hangat atau beli jahe dalam kemasan. Bisa juga mencoba makan permen jahe saat mual tiba.

14. Hindari makanan yang terlalu pedas, berlemak atau digoreng. Makanan yang bisa mengganggu sistem pencernaan Anda bermasalah.

15. Jika semuanya itu gagal untuk menghilangkan rasa mual, cobalah ambil libur atau cuti dan beristirat di ranjang empuk Anda.


rona.metrotvnews.com