Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

5 Tips Menyiasati Liburan Saat Dollar Tinggi


Bukan berarti ekonomi dunia sedang kacau lalu liburan juga harus kacau. Meski Dollar sedang tinggi, namun masih ada cara untuk liburan. Berikut tips menyiasati liburan kala Dollar sedang meroket. Ada niat pasti ada jalan.

Dollar yang meninggi nilai tukarnya bukan berarti tak bisa ke mana-mana. Masih banyak cara yang bisa dilakukan agar liburan tidak terlalu rugi. Disusun detikTravel, inilah 5 tips menyiasati liburan saat Dollar sedang tinggi.

1. Pilih negara yang nilai tukarnya sedang turun juga
Tidak hanya Rupiah yang melemah, tapi banyak mata uang lainnya. Jika kamu ingin liburan ke luar negeri, pastikan untuk memilih negara yang mata uangnya juga terkena imbas menguatnya Dollar. Syukur-syukur jika kamu punya Dollar. Bisa tukarkan Dollar tersebut dengan mata uang setempat saat sudah sampai ke sana. Lumayan untung kan!

2. Atau, pilih negara yang nilai tukarnya lebih murah dari Rupiah
Salah satu cara menghemat jika ingin liburan ke luar negeri adalah mencari negara yang lebih murah. Indonesia bukanlah negara dengan nilai tukar terendah. Masih ada yang lebih murah. Salah satu negara yang terdekat adalah Vietnam. Harga Rupiah bisa dua kali lipat dibanding Dong. Tentu ini sangat menguntungkan bagi traveler asal Indonesia.

Baca Juga: Tips Meningkatkan Keamanan Facebook dengan Quick Checkup

3. Pilih destinasi yang biaya hidupnya murah
Tips selanjutnya adalah mencari destinasi yang biaya hidupnya murah. Jangan lantas pergi ke New York atau London jika sedang mahal seperti ini. Sudah pasti kamu akan mengeluarkan banyak uang. Pilihlah negara yang biaya hidupnya murah, atau setidaknya murah menurut kantong kamu. Beberapa yang bisa jadi pilihan adalah Bangkok, Hanoi, Kuala Lumpur dan Laos.

4. Hemat
Terdengar klise, tapi terasa hasilnya. Jika ingin tidak menghabiskan uang liburan terlalu banyak, hematlah! Hemat bisa berarti mengurangi naik kendaraan umum dan memilih jalan kaki. Bisa juga memilih penginapan yang tidak terlalu nyaman, tapi harganya murah. Banyak cara yang bisa dilakukan kok!

5. Liburan di dalam negeri
Terakhir, liburan saja di dalam negeri. Kenapa tidak berkeliling negara sendiri? Banyak sekali destinasi cantik yang bisa didatangi. Tak perlu jauh ke antar pulau, misal yang satu pulau pun banyak dan tak kalah keren.

Setiap pulau di Indonesia memiliki objek wisata keren. Sebut saja Sumatera yang punya Aceh hingga Lampung. Jawa punya Banyuwangi dan Ujung Kulon. Serta masih banyak lagi. Dollar naik, bukan akhir dari perjalanan liburan kamu kok!


travel.detik.com