Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

8 Tips Mengurangi Efek Jet Lag


Jet Lag adalah gangguan tidur yang disebabkan oleh perjalanan melewati beberapa zona waktu sehingga jam biologis kita menjadi tidak sesuai dengan jam lingkungan tempat kita berada.
Jam biologis kita tidak mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri terhadap perubahan waktu secara mendadak. Perubahan ini biasa terjadi ketika kita menempuh perjalanan jauh pada beberapa zona waktu sekaligus. Bagaimana mengurangi jet lag? Berikut tipsnya yang mungkin perlu anda coba:

- Sebelum berangkat, persiapkan diri dengan mencukupi kebutuhan istirahat. Kalau bisa tidurlah lebih banyak dari biasanya. Terbang dalam keadaan lelah justru memperburuk kondisi anda di perjalanan.

- Di dalam pesawat, usahakan untuk duduk senyaman mungkin. Sekali waktu lakukan peregangan agar otot-otot tidak terasa kaku. Bila perlu, berjalan-jalanlah sejenak untuk sekadar member sihkan wajah ke toilet.

- Jika bepergian ke arah Timur, minumlah satu tablet melatonin pada pukul 18.00-19.00 sebelum berangkat. Saat tiba tujuan, konsumsi melatonin sekitar pukul 22.00-23.00 waktu setempat selama 4 hari.

Baca Juga: 3 Tips Membuat Istri Merasa Istimewa

Jika sebelum 4 hari anda sudah harus kembali, malam sebelumnya minum melatonin pada pukul 18.00-19.00 waktu setempat. Jika diperlukan, saat tiba anda bisa meneruskan minum melatonin selama 4 hari sesuai waktu tidur anda.

- Jika bepergian ke arah Barat, jangan minum melatonin sebelum bepergian. Saat tiba di tujuan, minumlah satu tablet melatonin sesuai waktu tidur setempat, misalnya pada ukul 22.00- 23.00 seama 4 hari . Jika ada terbangun terlalu awal, misalnya pukul 03.00-04.00, minum satu dosis bisa diulang namun ingat di pagi harinya anda bisa mengantuk.

- Jika anda terbangun pada malam hari, isi waktu anda dengan tidur. Bila perlu gunakan penutup mata.

- Minum air yang cukup. Jangan minum alkohol atau minum berkafein. Ini bisa mengganggu istirahat anda.

- Ketika sampai di tujuan, usahakan untuk mengikuti pola tidur di sana. Jika sampai pagi hari, paparkan diri anda dengn cahaya sebanyak mungkin. Jika tiba di malam hari, usahakan untuk tidur sesuai dengan waktu lokal.

- Obat tidur tertentu yang mempunyai kerja pendek amat membantu proses adaptasi. Anda bisa minum untuk membantu tidur di perjalanan atau setibanya di tujuan.


palembang.tribunnews.com