Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

5 Tips Makan Sushi Agar Berat Badan Ideal Tetap Terjaga


Jepang dikenal akan kuliner yang sebagian besar masuk kategori sehat, termasuk sushi. Makanan Negeri Sakura ini menjadi salah satu yang terfavorit dan dinikmati hampir di seluruh dunia. Sushi diyakini sebagai makanan sehat karena umumnya berisi ikan-ikanan serta makanan laut lainnya, rumput laut, sayuran juga nasi.

Sehat, belum tentu juga rendah kalori. Tidak sedikit orang yang 'terjebak' mengonsumsi kalori lebih dari yang dibutuhkan per harinya karena anggapan keliru bahwa sushi adalah makanan sehat dan rendah kalori.

Nyatanya dalam satu porsi sushi roll jenis Dragon Roll (sushi berisi ketimun, alpukat, daging dan saus belut) sudah mengandung lebih dari 400 kalori. Belum lagi tambahan saus mayonnaise serta isian krim keju yang tinggi lemak.

Baca Juga: 3 Tips Tampil Trendi Dan Jadi Pusat Perhatian Di Kantor

Tentu ini bukan kabar baik bagi para penggemar sushi yang ingin menjaga berat badan. Namun jika masih ingin menyantap makanan khas Jepang ini dan berat badan tetap stabil, ada beberapa tips yang bisa diikuti seperti dikutip dari Shape.

1. Hindari 'Crunchy Rolls'
Semakin simpel sushi disajikan maka akan semakin rendah kalori dan baik kandungan gizinya. Maka hindari sushi yang dilengkapi dengan berbagai 'ornamen' serta bumbu, salah satunya sushi roll bersalut tepung yang digoreng renyah. Makanan yang digoreng dengan teknik deep-fried selain mengandung lebih banyak kalori juga tinggi lemak trans yang bisa mengganggu kesehatan jantung. "Semakin tidak 'meriah', maka lebih baik," ujar pakar nutrisi Margaux J. Rathbun.

2. Pilih Isian Sayuran
Banyak restoran sushi yang menyediakan menu sushi roll dengan isian sayuran seperti ketimun, rumput laut, wortel dan alpukat. Alternatif ini bisa Anda jadikan pilihan. Rasa khas sushi tetap didapatkan, perut pun kenyang tanpa harus menumpuk kalori berlebih pada tubuh. "Sayuran laut juga punya nutrisi seperti vitamin K, magnesium dan folat yang amat berguna bagi tubuh, tutur Margaux.

3. Kurangi Celupan Kecap Asin
Banyak orang mencelupkan sushi banyak-banyak ke dalam soy sauce atau kecap asin yang disediakan. Padahal sodium juga menambah ekstra kalori pada menu sushi Anda, belum lagi konsumsi garam berlebihan akan mengikat air di dalam tubuh dan menyebabkan kembung. Cukup cocolkan sebagian kecil atau hanya ujung sushi saja ketika ingin makan dengan kecap asin.

4. Lupakan Mayonnaise
Segala menu dengan label 'mayo' sebaiknya dihindari jika Anda ingin menjaga berat badan. Tambahan saus mayonnaise memang membuat sushi terasa jauh lebih gurih dan enak tapi juga menambah ekstra kalori. "Pesanlah menu yang tidak memakai mayonnaise atau krim keju, lagipula itu (memakai mayonnaise dan keju) bukanlah sushi original," kata pakar diet asal San Diego, Katie Clark.

5. Pilih Sashimi/ Nigiri Sushi
Sashimi atau Nigiri Sushi merupakan pilihan yang lebih baik ketimbang Makizushi (sushi roll) untuk urusan kandungan kalori rendah. Untuk membuat seporsi sushi roll (biasanya terdiri dari 6-8 potong) membutuhkan satu cangkir nasi putih dan itu setara dengan 200 kalori.

Jika Anda memakan beberapa potong sushi roll, bisa dibayangkan berap kelebihan kalori yang telah masuk. Jika satu porsi terasa belum cukup, Anda bisa memakan salad sayuran, cawan mushi atau miso soup untuk mengenyangkan perut.


wolipop.detik.com