Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

5 Tips Mengontrol Kadar Kolesterol


Kolesterol dalam tubuh perlu dijaga agar dapat membantu sistem percernaan tetap lancar. Namun, terlalu banyak kolesterol jahat (LDL) dan tidak cukup kolesterol baik (HDL) pada tubuh dapat memicu perkembangan penyakit jantung hingga stroke. Ahli gizi, Lovisa Nilsson memberikan tips agar kadar kolesterol dapat terkontrol sehingga mampu perangi lemak yang berbahaya.

1. Superfruits
Studi gizi yang terbaru memberi label superfoods pada beberapa buah karena kemampuannya dalam memerangi lemak berbahaya dan mengurangi kolesterol jahat. Contohnya, menurut riset yang dilakukan oleh Universita Politecnica Delle Marche di Italia, buah stroberi diklaim memiliki kemampuan kurangi LDL hingga14 persen.

Baca Juga: Bagaimana Cara Mengurangi Keringat di Ketiak? Ini Dia Tips dari Dokter

2. Lemak tak jenuh
Konsumsi omega 3 punya lemak tak jenuh membantu turunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Lemak tak jenuh terkandung pada minyak ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak zaitun, sayuran dan buah-buahan tertentu seperti alpukat.

3. Serat
Kacang-kacangan, sayuran, sereal dan gandum roti memiliki kandungan serat difermentasi yang tinggi. Karena usus sulit mencerna sehingga serat menempel pada kolesterol jahat dan kemudian dikeluarkan melalui tinja.

4. Olahraga
Olahraga dapat mengelola kolesterol dengan baik. Sebab, dengan rutin berolahraga merangsang enzim yang membantu memindahkan kolesterol jahat dari darah ke hati sehingga dikeluarkan saat buang air kecil ataupun besar.

5. Yogurt
Stanol dan sterol ditemukan dalam yogurt. Mereka berperan memblokir penyerapan kolesterol jahat sehingga tidak merusak sel-sel di tubuh. Direkomendasikan untuk minum yogurt setiap hari supaya sistem pencernaan lancar dan LDL dapat meluruh bersamaan itu.


rona.metrotvnews.com