Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

5 Tips Sembuhkan Kaki Keseleo


Pergelangan kaki adalah bagian tubuh yang paling sering  keseleo (terkilir). Bahkan menurut penelitian, setiap hari terjadi hampir sekitar 25 ribu kasus keseleo setiap harinya. Pergelangan kaki bersifat fleksibel sehingga banyak faktor yang bisa menyebabkannya terkilir.

Biasanya yang paling umum adalah tendonitis dan arthritis yang memungkinkan pergelangan kaki Anda nyeri. Ahli bedah, David Geier, MD, memberikan lima saran untuk mencegah dan menyembuhkan kaki keseleo.

1. Tendon peroneal
Tendon peroneal adalah otot di luar pergelangan kaki yang digunakan untuk berjalan. Atlet, pelari dan penari sangat dianjurkan untuk menghabiskan sekitar satu menit pemanasan tendon ini. Selain meningkatkan kekuatan kaki, peroneal juga membantu mencegah pergelangan kaki keseleo.

2. Latihan memutar
Duduk di kursi dan panjangkan kaki kanan Anda selurus lutut. Setelah itu gerakan kaki kanan searah jarum jam sampai 20 kali. Istirahan sekitar 5 detik, kemudian ulangi denganan kaki kiri. Latihan ini akan memperkuat otot-otot di dalam dan sekitar pergelangan kaki dan meningkatkan stabilitas sendi.

3. Peregangan dorsofleksi
Dorsofleksi artinya membawa jari-jari kaki Anda agar lebih dekat dengan tulang kering. Peregangan ini membantu melindungi otot dan tendon di pergelangan kaki Anda. Duduk di lantai dan luruskan kaki kanan.

Baca Juga: 4 Tips Atasi Kebosanan dalam Suatu Hubungan

Setelah itu taruh kaki kiri melintasi kaki kanan Anda. Jangan lupa letakkan handuk di kaki kanan. Tarik secara perlahan jari-jari kaki menghadap ke arah Anda dan tahan selama 15 detik. Anda akan merasakan peregangan di paha, betis dan tendon. Menurut Geier, ini seharusnya tidak sakit karena hanya peregangan biasa.

4. Latihan menulis alfabet
Tulis alfabet menggunakan jempol kaki dari A sampai Z. Sebelum itu pastikan kedua kaki Anda lurus ke depan. Latihan ini dapat menambah kekuatan pada pergelangan kaki Anda.

5. Peregangan achilles
Peregangan achilles yaitu dilakukan dalam posisi berdiri. Setelah itu mundurkan satu kaki Anda dengan keadaan lurus. Dorong pinggul ke depan sembari menekuk lutut kaki ke depan sekitar sudut 45 derajat. Tahan selama 15 sampai 30 detik.

Biasanya saat usia bertambah, tendon kaki bagian belakang lebih berisiko pecah. Namun, dengan melakukan peregangan achilles secara teratur, fleksibilitas bisa dicapai dengan mudah dan kaki Anda tak rentan keseleo.


rona.metrotvnews.com