Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

8 Tips Memilih Kelas saat Kuliah


Asyiknya kuliah adalah kita berhak menentukan jadwal sendiri sesuai dengan mata kuliah atau kelas yang diambil. Tetapi ada juga mahasiswa yang menjalani perkuliahan sesuai paket jadwal dari kampus. Terkadang, begitu banyaknya mata kuliah, kelas dan dosen justru membingungkan mahasiswa menentukan pilihan. Jika mengalami hal tersebut, ikuti langkah-langkah berikut.

Lihat pilihan
Lihat kembali katalog kampus. Pilih mata kuliah utama yang dibutuhkan untuk jurusanmu. Tapi, jika kamu tidak terlalu yakin dengan apa yang akan kamu pelajari, pilih kelas atau mata kuliah yang sesuai dengan minatmu.

Buat jadwal
Rancang kelas-kelas yang kamu pilih ke dalam sebuah jadwal mingguan. Pastikan kamu juga punya waktu untuk kegiatan lain di luar kuliah. Jika kamu menemukan jadwal yang kurang cocok, kamu masih punya kesempatan untuk mengubahnya selama beberapa minggu pertama kelas.

Kunjungi pembimbing akademis
Pembimbing akademis akan membantu menentukan kelas yang akan kamu ambil selama satu semester ke depan. Oleh karena itu, temui mereka untuk berkonsultasi sebelum melakukan registrasi.

Baca Juga: 4 Tips Berpakaian saat Musim Hujan

Prioritaskan mata kuliah wajib
Dahulukan mata kuliah utama, seperti matematika, sejarah, dan ilmu sains lainnya. Kamu harus ambil kelas-kelas tersebut di tahun pertama atau kedua, sehingga nantinya kamu bisa konsentrasi pada mata kuliah di jurusan yang kamu ambil.

Menjaga keseimbangan
Jadi mahasiswa memang lebih sulit dibandingkan jadi anak sekolahan. Usaha yang kamu keluarkan pun harus lebih keras dibandingkan saat masih jadi pelajar. Jangan pilih kelas yang seluruhnya berat dalam satu semester. Dengan begitu, kamu pun terhindar dari lima tugas makalah yang harus diselesaikan dalam kurun waktu satu minggu.

Gunakan kredit kuliah dan ujian penempatan
Jika kamu pernah mengambil mata kuliah tertentu di salah satu universitas atau kursus, kamu bisa menggunakannya untuk memenuhi mata kuliah utama. Namun, cara ini dilakukan selama universitas terkait mau menerima hasil skor yang sudah kamu miliki tersebut.

Ambil kelas menulis
Meski tidak dibutuhkan, mengambil kelas menulis dapat memberi banyak manfaat. Pasalnya, mahasiswa perlu memiliki skill menulis yang baik, misalnya saat membuat makalah. Kemampuan menulis juga berguna saat menjalani karier nanti.

Cepat mendaftar
Semakin kamu cepat mendaftar, semakin besar kesempatanmu untuk mendapatkan kelas yang kamu inginkan. Selain itu, jika kamu mengalami kendala atau masalah, mendaftar lebih awal akan membuat kamu punya jeda waktu untuk mengurusnya. Pastikan kamu punya kelas cadangan yang akan kamu ambil jika kelas yang kamu inginkan sudah penuh.


news.okezone.com