Lazada Indonesia
Yang Paling Baru

Tips Sukses Raih Pekerjaan Pertama


Lulus, sudah. Wisuda, juga sudah. Ijazah pun sudah di tangan. Sekarang saatnya berburu pekerjaan. Nyatanya, perjuangan meraih pekerjaan pertama lebih sengit dari sidang skripsi. Belajar semalaman pun enggak menjamin kamu lulus seleksi dan sesi interview kerja. Namun, enggak usah gusar. Terapkan beberapa trik ini agar bisa segera mendapat pekerjaan pertamamu.

Jadi volunteer
Pekerjaan sebagai sukarelawan alias volunteer bukan monopoli kegiatan mahasiswa, kok. Meski sudah lulus, kamu tetap bisa menjadi volunteer pada berbagai institusi dan memberikan kontribusi pada sesuatu yang baik. Pengalaman volunteer akan tampak menarik dalam CV, terutama jika relevan dengan lowongan yang sedang dilamar.

Periksa kembali jenis pekerjaan yang kamu lamar
Ketika akan melamar sebuah pekerjaan, periksa kembali pekerjaan apa itu. Cari semua informasi tentang pekerjaan tersebut sehingga dapat membantumu saat menjalaninya.

Baca Juga: 8 Tips Memilih Kelas saat Kuliah

Jangan remehkan sikap positif
Jangan pernah meremehkan sikap positif seperti tersenyum dan menyapa orang-orang di sekitar, misalnya saat wawancara kerja. Siapa tahu, di antara mereka adalah orang yang akan mewawancaraimu dan terkesan dengan kerahaman yang kamu tunjukkan.

Jangan sia-siakan kesempatan untuk menjadi pemimpin
Ketika seseorang memintamu menjalankan peran sebagai pemimpin, jangan kamu sia-siakan. Posisi pemimpin adalah sesuatu yang harus selalu diperjuangkan dan memberi nilai lebih saat melamar kerja.

Membangun relasi
Fokuslah dalam membangun hubungan baik dengan banyak orang. Siapa tahu, dari merekalah kamu mendapat jalan untuk meraih profesi pertama.

Observasi dirimu
Introspeksi diri dan jangan malas belajar dari orang-orang di sekelilingmu. Pelajari kekuatan mereka, modifikasi dan tiru sesuai kebutuhanmu. Senantiasa belajar dan memperbaiki diri akan meningkatkan kualitasmu serta membuka peluang lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan pertama. Semoga berhasil!


news.okezone.com